EFEKTIFITAS PENGGUNAAN LABORATORIUM BAHASA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH UNGGULAN DARUL 'ULUM JOMBANG

Ardian Miftahul Huda NIM. 0342 0296, (2009) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN LABORATORIUM BAHASA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH UNGGULAN DARUL 'ULUM JOMBANG. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (EFEKTIFITAS PENGGUNAAN LABORATORIUM BAHASA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH UNGGULAN DARUL 'ULUM JOMBANG)
BAB I,V.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIFITAS PENGGUNAAN LABORATORIUM BAHASA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH UNGGULAN DARUL 'ULUM JOMBANG)
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (608kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan laboratorium bahasa di kelas X Madrasah Aliyah Unggulan Darul 'Ulum Jombang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang didukung dengan angka-angka statistik. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan (observasi), wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan dengan menggunakan analisis deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: i Pertama /i , pemilihan laboratorium bahasa di laboratorium bahasa di Madrasah Aliyah Unggulan Darul 'Ulum Jombang tanpa melalui proses evaluasi atau prosedur pemilihan media seperti yang di ungkapkan oleh Dr. Arief Sadiman, M.Sc. dkk. dalam bukunya Media Pendidikan karena keberadaan laboratorium bahasa di Madrasah Aliyah Unggulan Darul 'Ulum Jombang merupakan bantuan dari Islamic Developmen Bank (IDB). Proses pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Unggulan Jombang terbilang cukup lancar dengan menggunakan sistem operasional berbasis komputer, siswa dapat melaksanakan instruksi dari guru. i Kedua /i , penguasaan guru bahasa Arab terhadap laboratorium bahasa di Madrasah Aliyah Unggulan Darul 'Ulum Jombang masih kurang karena guru bahasa Arab masih beradaptasi dari laboratorium bahasa yang lama ke laboratorium bahasa yang baru. Usaha madrasah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mengoperasikan laboratorium bahasa terbentur oleh kesibukan guru di luar madrasah sehingga sampai saat laboratorium bahasa siap digunakan, guru belum bisa mengoperasikannya. Strategi madrasah dalam mengatasi permasalah tersebut yaitu dengan menyertakan tenaga ahli atau teknisi selama pembelajaran bahasa Arab di laboratorium bahasa. Strategi madrasah untuk menutup kelemahan tersebut sangat tepat karena dapat memberikan hasil positif terhadap hasil belajar siswa dari aspek mendengar (Al-Istima’) dan berbicara (Al-Kalam). Peningkatan hasil belajar siswa dibuktikan dengan meningkatnya nilai ujian UTS di banding dengan nilai UHT (Ujian Harian Terpadu) dimana UHT dilaksanakan sebelum siswa menggunakan laboratorium bahasa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Ahmad Rodli, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Laboratorium, Bahasa Arab, Meningkatkan, Hasil Belajar
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 08 Aug 2012 14:32
Last Modified: 03 Apr 2017 01:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2691

Actions (login required)

View Item View Item