PENGARUH MENGIKUTI KEGIATAN TAUSIYAH RUTIN TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS X SMA KOLOMBO SLEMAN YOGYAKARTA

ANISA NURJANAH, NIM. 13410042 (2017) PENGARUH MENGIKUTI KEGIATAN TAUSIYAH RUTIN TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS X SMA KOLOMBO SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MENGIKUTI KEGIATAN TAUSIYAH RUTIN TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS X SMA KOLOMBO SLEMAN YOGYAKARTA)
13410042_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MENGIKUTI KEGIATAN TAUSIYAH RUTIN TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS X SMA KOLOMBO SLEMAN YOGYAKARTA)
13410042_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

ANISA NURJANAH. Pengaruh Mengikuti Kegiatan Tausiyah Rutin Terhadap Tingkat Pengetahuan Agama Islam Siswa Kelas X SMA Kolombo Sleman Yogyakarta. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2017. Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa pentingnya pendidikan agama islam untuk siswa tidak hanya di dalam kelas, namun di luar kelas juga sangat dibutuhkan seperti mengikuti tausiyah, pengajian dan lain sebagainya untuk menambah pengetahuan agama islam siswa. Namun kenyataannya banyak siswa yang aktif mengikuti tausiyah atau pengajian di luar sekolah, tetapi pengetahuan agamanya kurang baik. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang pengaruh mengikuti kegiatan tausiyah rutin terhadap tingkat pengetahuan agama islam siswa kelas X SMA Kolombo Yogyakarta. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan kegiatan tausiyah rutin di SMA Kolombo, adakah pengaruh kegiatan tausiyah rutin terhadap tingkat pengetahuan agama islam siswa kelas X SMA Kolombo. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap ada atau tidaknya pengaruh mengikuti kegiatan tausiyah rutin terhadap tingkat pengetahuan agama Islam siswa kelas X SMA Kolombo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan sosiologi. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Kolombo Sleman Yogyakarta. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purpose sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas, normalitas, linieritas dan analisis data meliputi regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan terhadap mengikuti kegiatan tausiyah terhadap tingkat pengetahuan agama Islam siswa kelas X di SMA Kolombo Sleman Yogyakarta. Berdasarkan tabel model summary pada uji regresi linier sederhana, diketahui R atau nilai korelasi kedua variabel adalah R = 0,577. Nilai tersebut menunjukkan bahwa ada korelasi atau tingkat hubungan yang sedang antara kegiatan tausiyah dengan tingkat pengetahuan agama Islam siswa kelas X SMA Kolombo, sedangkan nilai R squar atau R2 = 0,333. Angka tersebut menunjukkan besar kontribusi mengikuti kegiatan tausiyah rutin berpengaruh dengan kontribusi 33,3% terhadap tingkat pengetahuan agama, sementara kontribusi sisanya yaitu 60,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diketahui oleh peneliti. Maka Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Prof. Dr. H. Maragustam Siregar, M.A.
Uncontrolled Keywords: Tausiyah
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 26 Jul 2017 07:08
Last Modified: 26 Jul 2017 07:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26910

Actions (login required)

View Item View Item