IMPLEMENTASI SIKAP SOSIAL PESERTA DIDIK MELALUI PROGRAM WEHA MEMBANGUN PADA LEMBAGA WAKAF DI MA WAHID HASYIM YOGYAKARTA

FAUZUL MURTAFIAH, NIM. 13410052 (2017) IMPLEMENTASI SIKAP SOSIAL PESERTA DIDIK MELALUI PROGRAM WEHA MEMBANGUN PADA LEMBAGA WAKAF DI MA WAHID HASYIM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI SIKAP SOSIAL PESERTA DIDIK MELALUI PROGRAM WEHA MEMBANGUN PADA LEMBAGA WAKAF DI MA WAHID HASYIM YOGYAKARTA)
13410052_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (12MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI SIKAP SOSIAL PESERTA DIDIK MELALUI PROGRAM WEHA MEMBANGUN PADA LEMBAGA WAKAF DI MA WAHID HASYIM YOGYAKARTA)
13410052_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Fauzul Murtafiah, Implementasi Sikap Sosial Peserta Didik melalui Program "WEHA Membangun" pada Lembaga Wakaf di MA Wahid Hasyim Yogyakarta, Skripsi, Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017. Penelitian ini dilatar belakangi oleh menurunnya sikap sosial peserta didik di zaman sekarang, dengan melihat tingkat keegoisan peserta didik yang ada saat ini. Penulis tertarik untuk meneliti sikap sosial peserta didik melalui program "WEHA Membangun" Lembaga Wakaf Wahid Hasyim Yogyakarta di MA Wahid Hasyim Yogyakarta ini, sebab di MA Wahid Hasyim Yogyakarta mempunyai empat pilar yang salah satu pilarnya yaitu penanaman akhlakul karimah. Akhlak peserta didik ada yang berkaitan dengan manusia dan alam. Program "WEHA Membangun" yang dibuat oleh lembaga wakaf Wahid Hasyim ini sebagai wadah bagi santri maupun peserta didik untuk mengimplementasikan apa yang telah di dapat peserta didik di dalam kelas. Selain itu, adanya program "WEHA Membangun" ini menunjukkan bahwa peserta didik MA Wahid Hasyim mempunyai kepedulian terhadap pondok pesantren. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan mengambil latar MA Wahid Hasyim Yogyakarta. Metode pengumpulan datanya diperoleh dari observasi, dokumentasi, dan wawancara. Subjek penelitian yaitu ketua Lembaga Wakaf Wahid Hasyim Yogyakarta dan masyarakat MA Wahid Hasyim Yogyakarta. Analisis data dilakukan dengan menyeleksi dan menyusun data yang diperoleh, kemudian diolah dan dianalisis sehingga dapat ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) langkah-langkah Lembaga Wakaf Wahid Hasyim Yogyakarta dalam memperkenalkan wakaf kepada peserta didik MA Wahid Hasyim Yogyakarta yaitu: a) Peserta didik diperkenalkan wakaf melalui sosialisasi di perpustakaan MA Wahid Hasyim yang di dalamnya terdapat skripsi dari hasil wakaf mahasiswa. b) Melalui surat edaran mengenai program "WEHA Membangun" guna memperkenalkan ke peserta didik mengenai wakaf tunai. c) Melalui media sosial, pamflet, dan brosur. d) Melalui kartu nama Lembaga Wakaf Wahid Hasyim. 2) Sikap peserta didik MA Wahid Hasyim dipengaruhi oleh teman, lingkungan pondok, pengetahuan agama, kegiatan dan usia. Program "WEHA Membangun" mempunyai peran terhadap sikap sosial peserta didik, sikap sosial yang muncul dari program ini yaitu tanggung jawab, gotong royong dan kasih sayang. Bentuk implementasi sikap sosial peserta didik MA Wahid Hasyim Yogyakarta yaitu Pengumpulan dana wakaf setiap hari jumat dan pengumpulan dana di asrama, ikut serta dalam kegiatan pembangunan, dan mempromosikan program "WEHA Membangun" Lembaga Wakaf Wahid Hasyim Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Radino, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Wakaf, Sikap Sosial, dan peserta didik
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 27 Jul 2017 01:37
Last Modified: 27 Jul 2017 01:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26914

Actions (login required)

View Item View Item