EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE HYPNOTEACHING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD IT SALSABILA JETIS, BANTUL, YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017

SEPTY RIZANA, NIM. 13410064 (2017) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE HYPNOTEACHING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD IT SALSABILA JETIS, BANTUL, YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE HYPNOTEACHING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD IT SALSABILA JETIS, BANTUL, YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017)
13410064_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE HYPNOTEACHING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD IT SALSABILA JETIS, BANTUL, YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017)
13410064_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pembelajaran akan berjalan dengan baik manakala siswanya mampu fokus terhadap materi yang sedang dipelajari dan belajar dalam keadaan yang menyenangkan. Ada metode menarik yang dapat digunakan untuk mengondisikan siswa agar tetap fokus selama pembelajaran, yakni metode hypnoteaching. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana prosedur atau langkah-langkah penggunaan metode hypnoteaching dalam pembelajaran PAI? (2) Bagaimana efektivitas penggunaan metode hypnoteaching dalam pembelajaran PAI tersebut? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang prosedur atau langkah-langkah penggunaan metode hypnoteaching dalam pembelajaran PAI serta efektivitas penggunaan metode hypnoteaching dalam pembelajaran PAI. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SD IT Salsabila Jetis. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk melengkapi data. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah diambil kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi, yaitu triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Prosedur atau langkah-langkah penggunaan metode hypnoteaching dalam pembelajaran PAI yaitu: niat dan motivasi diri, pacing, leading, menggunakan kata-kata positif, pemberian reward, dan modeling. Semua itu telah terlaksana dengan baik. Secara umum, penerapan hypnoteaching dalam pembelajaran dilaksanakan dengan baik dan lancar sesuai dengan rencana yang telah disusun sebelumnya. Dengan menggunakan metode hypnoteaching, maka siswa akan mengikuti proses pembelajaran dengan baik, mereka fokus terhadap proses pembelajaran yang berlangsung. (2) Efektivitas metode hypnoteaching dalam pembelajaran PAI yaitu karena dari proses pembelajaran melibatkan siswa secara aktif, menarik minat dan motivasi siswa, prinsip individualitas, peragaan dalam pembelajaran, pengorganisasian materi yang baik, komunikasi efektif, penguasaan dan antusiasme, sikap positif terhadap siswa, dan keluwesan dalam pendekatan pembelajaran. Berdasarkan hasil, dari domain kognitif sebesar 78% dari 32 siswa yaitu 25 siswa memenuhi batas minimal kompetensi dan 22% dari 32 siswa yaitu 7 siswa belum memenuhi batas minimal kompetensi, dari domain afektif siswa menunjukkan perilaku yang dapat dipercaya, rasa hormat dan perhatian, tekun, tanggung jawab, berani, ketulusan, integritas, peduli dan jujur, serta dari domain psikomotorik siswa mampu menghafal surat yang diujikan dengan lancar, fasih, dan sesuai kaidah tajwid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Prof. Dr. H. Hamruni, M.Si.
Uncontrolled Keywords: efektivitas, metode hypnoteaching, PAI, SD IT Salsabila Jetis
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Jul 2017 14:54
Last Modified: 31 Jul 2017 15:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26915

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum