IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS KREATIF DALAM MENGEMBANGKAN MINAT BELAJAR ANAK USIA DINI DI TK ABA NGORO-ORO PATUK GUNUNGKIDUL

SEFIANA DEWI UTAMI, NIM. 13430011 (2017) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS KREATIF DALAM MENGEMBANGKAN MINAT BELAJAR ANAK USIA DINI DI TK ABA NGORO-ORO PATUK GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS KREATIF DALAM MENGEMBANGKAN MINAT BELAJAR ANAK USIA DINI DI TK ABA NGORO-ORO PATUK GUNUNGKIDUL)
13430011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (37MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS KREATIF DALAM MENGEMBANGKAN MINAT BELAJAR ANAK USIA DINI DI TK ABA NGORO-ORO PATUK GUNUNGKIDUL)
13430011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Sefiana Dewi Utami, (Implementasi Manajemen Kelas Kreatif Dalam Mengembangkan Minat Belajar Anak Usia Dini Di TK ABA Ngoro-oro) Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi manajemen kelas yang kreatif yang dilakukan oleh TK ABA Ngoro-oro dalam mengembangkan minat belajar anak TK ABA Ngoro-oro serta yang menjadi faktor penghambat dan faktor pendukung dalam implementasi manajemen kelas kreatif tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif, dengan mengambil latar di TK ABA Ngoro-oro. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan penulusuran dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif, dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan kemudian penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Implementasi manajemen kelas kreatif di TK ABA Ngoro-oro guru tidak menempatkan banyak barang di dalam ruangan sehingga guru dapat memantau dengan mudah aktifitas anak didik, menjaga APE yang digunakan untuk pembelajaran, menyediakan papan display yang mudah dilihat anak didik, mengatur penataan ruangan dengan baik dan efisien. Secara khusus implementasi manajemen kelas kreatif melibatkan tenaga pendidik, anak didik, kertersediaan sarana prasarana, dan orang tua/wali murid. (2) Faktor pendukung yaitu ketersediaan ruang kelas yang sangat layak dan luas, antusias dari orang tua/wali murid dan keterlibatan langsung dalam kegiatan manajemen kelas, keaktifan dan semangat guru untuk memberikan nasihat, motivasi dan arahan kepada peserta didik, serta adanya dukungan dari masyarakat dalam mensukseskan program sekolah. Sedang faktor penghambat yang ditemukan dalam penelitian ini yaitu kurangnya APE buatan pabrik sebagai penunjang pembelajaran, sikap negatif yang muncul dari peserta didik, kesibukan guru yang terkadang menyebabkan pelaksanaan manajemen kelas kreatif kurang maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Lailatu Rohmah, S.Pd.I., M.S.I
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kelas Kreatif, Minat Belajar, TK ABA Ngoro-oro
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 27 Jul 2017 09:15
Last Modified: 27 Jul 2017 09:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26919

Actions (login required)

View Item View Item