KETERAMPILAN GURU FIKIH DALAM PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DAN PELAKSANAANYA DI MAN 2 YOGYAKARTA

RANI ULFAH SOFIYANA, NIM. 13410182 (2017) KETERAMPILAN GURU FIKIH DALAM PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DAN PELAKSANAANYA DI MAN 2 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (KETERAMPILAN GURU FIKIH DALAM PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DAN PELAKSANAANYA DI MAN 2 YOGYAKARTA)
13410182_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (KETERAMPILAN GURU FIKIH DALAM PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DAN PELAKSANAANYA DI MAN 2 YOGYAKARTA)
13410182_RANI_ULFAH_SOFIYANA_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya perubahan kebijakan kurikulum secara cepat yang mengakibatkan tugas mengajar dan administrasi guru semakin banyak. Hal tersebut menyebabkan guru seringkali mengabaikan penyusunan dan pelaksanaan pembelajaran. Guru lebih memilih mengcopy-paste RPP dari internet ataupun RPP hasil MGMP. Meskipun hal tersebut diperbolehkan dan tidak dilarang pemerintah, seyogyanya guru perlu melakukan peninjauan ulang terhadap RPP dalam aspek materi, strategi, dan metode pembelajaran, serta evaluasi yang digunakan. Menariknya, para guru di MAN 2 Yogyakarta terutama guru Fikih berusaha menyusun dan mendesain RPP secara mandiri dan mengembangkan beberapa komponen dalam RPP. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang keterampilan guru Fikih dalam penyusunan RPP dan pelaksanaannya di MAN 2 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan mengambil latar MAN 2 Yogyakarta. Metode pengumpulan datanya diperoleh dari observasi, dokumentasi, dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah warga madrasah di MAN 2 Yogyakarta. Analisis data dilakukan dengan menyeleksi dan menyusun data yang diperoleh, kemudian diolah dan dianalisis sehingga dapat ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi metode dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Keterampilan penyusunan RPP Fikih sudah sesuai dengan format kurikulum 2013, yaitu berdasarkan Permendikbud No. 22 Tahun 2016. Guru Fikih selalu meng-update perkembangan format RPP dari tahun ke tahun. 2) Ketrampilan pelaksanaan pembelajaran Fikih meliputi keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan bertanya, keterampilan menjelaskan, keterampilan menggandakan variasi, dan lain sebagainya. Pelaksanaan pembelajaran Fikih dimulai dengan kegiatan pendahuluan, kegiatan inti meliputi: mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan, serta yang terakhir kegiatan penutup. Selain keterampilan penyusunan dan pelaksanaan RPP di atas, guru Fikih juga mengembangkan RPP secara mandiri dalam aspek materi, strategi dan metode pembelajaran media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Suwadi, M.Ag., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Keterampilan, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Pembelajaran Fikih
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 27 Jul 2017 09:19
Last Modified: 27 Jul 2017 09:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26924

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum