PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS BUDAYA MELALUI KARAWITAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 BANGUNTAPAN BANTUL

EVA SETYAWATI, NIM. 13410113 (2017) PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS BUDAYA MELALUI KARAWITAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 BANGUNTAPAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS BUDAYA MELALUI KARAWITAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 BANGUNTAPAN BANTUL)
13410113_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (19MB) | Preview
[img] Text (PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS BUDAYA MELALUI KARAWITAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 BANGUNTAPAN BANTUL)
13410113_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif kualitatif, pengumpulan data dilakukakan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Triangulasi yang digunakan teknik dan sumber. Sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Program penanaman nilai-nilai Pendidikan Agama Islam berbasis budaya SMP Negeri 3 Banguntapan yaitu tadarus, sholat dhuha, pengajian bersama, infak jum’at, kegiatan pesantren kilat setiap bulan ramadhan, dan karawitan. Program karawitan dilaksanakan untuk melestarikan budaya adiluhung Yogyakarta. Sedangkan proses penanaman nilai Pendidikan Agama Islam melalui gamelan dan lirik lagu yang digunakan untuk karawitan dapat membentuk karakter siswa yang diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari (2) Hasil dari penanaman nilai-nilai Pendidikan Agama Islam berbasis budaya melalui karawitan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Banguntapan berkaitan dengan sikap siswa menghormati guru, menyayangi teman, serta dapat menjaga lingkungan sudah baik, mereka sudah dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dengan kesadaran pribadi. Sementara dalam akidah dan ibadah, siswa sudah mengaplikasikan kedalam jadwal kegiatan sekolah. Namun, siswa belum bisa mengaplikasikan kedalam kehidupan sehari-hari melalui kesadaran pribadi. (3) Faktor penunjang penanaman nilai-nilai Pendidikan Agama Islam melalui karawitan yaitu guru berkompeten dalam bidangnya karena pendidikan beliau lulusan karawitan. Selain itu, gamelan yang dimiliki SMP Negeri 3 Banguntapan lengkap. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu jadwal karawitan belum berjalan secara rutin sehingga siswa hanya latihan pada saat tertentu, guru kurang menjelaskan mengenai makna yang terkandung dalam lirik lagu, serta karakter siswa yang berbeda-beda karena masih ada siswa yang kadang tidak mengikuti latihan karawitan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Moch. Fuad, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam, Karawitan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Jul 2017 14:49
Last Modified: 31 Jul 2017 14:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26930

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum