IMPLIKASI PENERAPAN FIKIH LINGKUNGAN TERHADAP PERILAKU SADAR LINGKUNGAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN LINTANG SONGO PAGERGUNUNG SITIMULYO PIYUNGAN BANTUL

PARSAD AMALIA ULHUSNA, NIM. 13410127 (2017) IMPLIKASI PENERAPAN FIKIH LINGKUNGAN TERHADAP PERILAKU SADAR LINGKUNGAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN LINTANG SONGO PAGERGUNUNG SITIMULYO PIYUNGAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLIKASI PENERAPAN FIKIH LINGKUNGAN TERHADAP PERILAKU SADAR LINGKUNGAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN LINTANG SONGO PAGERGUNUNG SITIMULYO PIYUNGAN BANTUL)
13410127_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (15MB) | Preview
[img] Text (IMPLIKASI PENERAPAN FIKIH LINGKUNGAN TERHADAP PERILAKU SADAR LINGKUNGAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN LINTANG SONGO PAGERGUNUNG SITIMULYO PIYUNGAN BANTUL)
13410127_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah maraknya kerusakan lingkungan dan maraknya bencana yang menyebabkan lingkungan terganggu, oleh karena itu Pondok Pesantren Lintang Songo menerapkan fikih lingkungan, yang mengkaji perbuatan manusia dari dalil-dalil syar’i yang terintegrasi dalam lingkungan hidup sehingga dapat dijadikan solusi. Pada umumnya santri identik dengan berbagai persoalan lingkungan, kesehatan dan kebersihan. Namun kenyataan tersebut berbeda dengan kondisi di Pesantren Lintang Songo. Karena di Pesantren tersebut diterapkan kegiatan fikih lingkungan yang terintegrasi dalam kegiatan sehari-hari di pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan fikih lingkungan di Pesantren Lintang Songo dan implikasi penerapan fikih lingkungan terhadap perilaku sadar lingkungan santri di Pesantren Lintang Songo. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif dan mengambil latar Pondok Pesantren Lintang Songo Pagergunug, Sitimulyo, Piyungan, Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan duo modus, yaitu dengan menggunakan sumber ganda dan metode ganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1). Penerapan fikih lingkungan di Pondok Pesantren Lintang Songo dilakukan dengan cara pemeliharaan air, tanah, dan udara yang tertuang dalam berbagai kegiatan yaitu pemanfaatan limbah air wudlu, pemanfaatan luapan air pompa, air minum sehat, mengoptimalan lahan, pemeliharaan lingkungan pesantren, pemilahan sampah organik dan anorganik, penggunaan pupuk organik, tidak membakar sampah, dan melakukan penanaman tumbuhan penghasil O2. (2). Implikasi penerapan fikih lingkungan terhadap perilaku sadar lingkungan santri di pondok pesantren lintang songo terlihat melalui berbagai perilaku santri di antaranya sikap hormat dan kasih sayang terhadap alam, tanggung jawab, solidaritas kosmis, tidak merusak lingkungan, serta hidup sederhana dan selaras dengan alam. Pengaruh berbagai penerapan fikih lingkungan terhadap kesadaran lingkungan santri berbeda-beda untuk setiap santri. Hal tersebut dipengaruhi oleh latar belakang dari masing-masing santri serta seberapa lama mukim dan belajar di Pondok Pesantren Lintang Songo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Radino, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Fikih lingkungan, sadar lingkungan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Jul 2017 14:52
Last Modified: 31 Jul 2017 14:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26932

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum