PERAN KELOMPOK KERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH DASAR (KKG PAI SD) DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI KECAMATAN KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA

RAHMAWATI KUSUMA DEWI, NIM. 13410133 (2017) PERAN KELOMPOK KERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH DASAR (KKG PAI SD) DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI KECAMATAN KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN KELOMPOK KERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH DASAR (KKG PAI SD) DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI KECAMATAN KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA)
13410133_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (25MB) | Preview
[img] Text (PERAN KELOMPOK KERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH DASAR (KKG PAI SD) DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI KECAMATAN KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA)
13410133_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang dari penyusunan skripsi ini adalah bahwa idealnya jika pelaksanaan KKG PAI SD berjalan efektif maka kompetensi profesional guru pun akan ada peningkatan. Namun kenyataannya meskipun kegiatan KKG PAI SD sudah berjalan efektif, masih dijumpai anggota KKG PAI SD yang belum seluruhnya menguasai teknologi informasi dan komunikasi. Oleh karena itu, perlu diadakan penelitian tentang Peran Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar (KKG PAI SD) dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar sebelum mengikuti KKG PAI SD, Apa saja bentuk kegiatan KKG PAI SD yang dapat meningkatkan kompetensi profesoinal guru PAI, dan Bagaimana kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar setelah mengikuti KKG PAI SD di Kecamatan Kasihan Bantul. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara praktis tentang peran KKG PAI SD dalam meningkatkan kompetensi guru di Kecamatan Kasihan Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di Organisasi Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar (KKG PAI SD) Kecamatan Kasihan Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model Milles and Huberman. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar sebelum mengikuti KKG PAI SD di Kecamatan Kasihan Bantul masih belum maksimal dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. (2) bentuk kegiatan KKG PAI SD yang dapat meningkatkan kompetensi profesoinal guru PAI adalah sosialisasi pengisian rapot kurikulum 2013 menggunakan software aplikasi, sosialisasi kisi-kisi USBN PAI dan sosialisasi SIMPATIKA. Pernah bekerja sama dengan UMY dalam Pelatihan Model Pembelajaran SEL atau Social Emotional Leraning. (3) kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar setelah mengikuti KKG PAI SD di Kecamatan Kasihan Bantul terdapat peningkatan pada penguasaan materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan serta pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Sarjono, M. Si.
Uncontrolled Keywords: KKG PAI SD, Kompetensi Profesional.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Jul 2017 14:54
Last Modified: 31 Jul 2017 15:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26939

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum