METODE PEMBELAJARAN AL-QUR'AN DI KELAS VIII B MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH WATES KULON PROGO YOGYAKARTA

Azhar Muttaqin NIM. 05410179, (2009) METODE PEMBELAJARAN AL-QUR'AN DI KELAS VIII B MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH WATES KULON PROGO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (METODE PEMBELAJARAN AL-QUR'AN DI KELAS VIII B MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH WATES KULON PROGO YOGYAKARTA)
BAB I,V.pdf - Published Version

Download (773kB) | Preview
[img] Text (METODE PEMBELAJARAN AL-QUR'AN DI KELAS VIII B MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH WATES KULON PROGO YOGYAKARTA)
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (271kB)

Abstract

ABSTRAK Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa di MTs Muhammadiyah Wates Kulon Progo Yogyakarta diadakan kegiatan pembelajaran Al-Qur’an yang bertujuan untuk memberikan kemampuan kepada siswa agar bisa membaca Al- Qur’an. Dalam kenyataannya, sebagian besar siswa di MTs Muhammadiyah Wates belum bisa membaca Al-Qur’an, terutama siswa di kelas VIII B. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah mengapa sebagian besar siswa belum bisa membaca Al-Qur'an, bagaimana metode pembelajaran Al-Qur'an di kelas VIII B, dan faktor apa saja yang menghambat pelaksanaan metode pembelajaran Al-Qur'an di kelas VIII B. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan sebab-sebab sebagian besar siswa belum bisa membaca Al-Qur'an, metode pembelajaran Al-Qur'an di kelas VIII B, dan faktor-faktor yang menghambat pelaksanaan metode pembelajaran Al-Qur'an di kelas VIII B MTs Muhammadiyah Wates. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan untuk menyempurnakan metode pembelajaran Al-Qur’an di MTs Muhammadiyah Wates Kulon Progo Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi di MTs Muhammadiyah Wates Kulon Progo Yogyakarta. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan psikologi kognitif, yaitu suatu pendekatan yang meliputi aspek-aspek kejiwaan yang ada dalam diri siswa baik dari segi fisik maupun psikisnya, yang berhubungan dengan perilakunya di dalam belajar. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan bersifat deskriptik analitik, yaitu menjabarkan dan menganalisis segala fenomena yang terjadi dari hasil penelitian yang diperoleh. Adapun untuk menganalisis data kualitatif digunakan pola pikir induktif, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedang pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan cara menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Sebab-sebab sebagian besar siswa di Madrasah Muhammadiyah Wates Kulon Progo Yogyakarta belum bisa membaca Al-Qur'an adalah Pertama penggunaan metode pembelajaran yang tidak efektif. Kedua kesulitan siswa dalam memahami metode tsaqifa. Ketiga kurangnya intensitas siswa dalam belajar membaca Al-Qur'an di rumah. 2) Metode yang digunakan dalam pembelajaran Al-Qur'an di kelas VIII B Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Wates Kulon Progo Yogyakarta di antaranya adalah metode Tsaqifa, metode menyimak, metode demonstrasi, metode latihan (drill), dan metode resitasi. 3) Faktor-faktor yang menghambat pelaksanaan metode pembelajaran Al-Qur'an adalah Pertama waktu pembelajaran yang tidak memadai. Kedua guru pembelajaran Al-Qur’an yang tidak mendukung. Ketiga kesulitan siswa dalam memahami metode tsaqifa. Keempat kuranganya tanggung jawab siswa dalam melaksanakan tugas belajarnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Mujahid, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Metode, Pembelajaran, Al-Qur'an
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 09 Aug 2012 20:36
Last Modified: 07 Aug 2017 11:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2694

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum