HUBUNGAN DIMENSI SHALAT ORANG TUA DENGAN INTENSITAS IBADAH SHALAT ANAK DI DUSUN TRUNTUNG KEDUNGSARI KLIRONG KEBUMEN

SITI BAROKAH AZIZATUN, NIM. 13410139 (2017) HUBUNGAN DIMENSI SHALAT ORANG TUA DENGAN INTENSITAS IBADAH SHALAT ANAK DI DUSUN TRUNTUNG KEDUNGSARI KLIRONG KEBUMEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN DIMENSI SHALAT ORANG TUA DENGAN INTENSITAS IBADAH SHALAT ANAK DI DUSUN TRUNTUNG KEDUNGSARI KLIRONG KEBUMEN)
13410139_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN DIMENSI SHALAT ORANG TUA DENGAN INTENSITAS IBADAH SHALAT ANAK DI DUSUN TRUNTUNG KEDUNGSARI KLIRONG KEBUMEN)
13410139_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa idealnya orang tua yang memiliki keimanan yang tinggi akan selalu membimbing dan mengarahkan anaknya untuk menjalankan shalat secara aktif. Namun kenyataannya tidak semua anak mendapatkan pengarahan yang baik dari orang tuanya dalam hal ibadah shalat. Padahal orang tua mempunyai peran yang sangat penting dalam mendidik dan mengarahkan anak serta menanamkan norma-norma agama. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang hubungan dimensi shalat orang tua terhadap intensitas ibadah shalat anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap ada tidaknya hubungan antara dimensi shalat orang tua dengan intensitas ibadah shalat anak di Dusun Truntung Kedungsari Klirong Kebumen. Populasi dalam penelitian ini adalah orang tua yang berjumlah 60 orang beserta anaknya yang juga berjumlah 60 orang warga Dusun Truntung. Penelitian ini dinamakan penelitian populasi karena mengambil seluruh populasi untuk dijadikan responden penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil analisis validitas variabel dimensi shalat orang tua menunjukan dari 20 soal terdapat 18 soal yang valid. Sedangkan hasil analisis validitas variabel ntensitas shalat anak ada 20 butir soal terdapat 19 soal yang dinyatakan valid. Hasil reliabilitas menujukan bahwa nilai koefisien untuk uji reliabilitas dimensi shalat orang tua sebesar 0,964 dan uji reliabilitas intensitas ibadah shalat anak dengan nilai kofisien sebesar 0,912, dan dinyatakan reliabel. Analisis data mengunakan analisis deskriptif, analisis korelasi dan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukan : 1) Tingkat dimensi shalat orang tua di Dusun Truntung Klirong Kebumen berada pada kategori sedang. 2) Tingkat intensitas shalat anak di Dusun Truntung Kedungsari Klirong Kebumen berada kategori sedang. 3) Terdapat korelasi yang signifikan antara dimensi shalat orang tua terhadap intensitas ibadah shalat anak di Dusun Truntung Kedungsari Klirong Kebumen. Hal ini berarti semakin tinggi dimensi shalat orang tua akan semakin tinggi pula intensitas ibadah shalat anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Mujahid, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Dimensi Shalat dan Intensitas Shalat.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Jul 2017 14:53
Last Modified: 31 Jul 2017 15:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26943

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum