PEMBERDAYAAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN TAHSINUL QUR’AN (PKTQ 2015) FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

KHAUFI MA’SUM, NIM. 12490034 (2017) PEMBERDAYAAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN TAHSINUL QUR’AN (PKTQ 2015) FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN TAHSINUL QUR’AN (PKTQ 2015) FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
12490034_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (13MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN TAHSINUL QUR’AN (PKTQ 2015) FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
12490034_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tingginya Animo Mahasiswa dalam mengikuti Program Kepribadian Tahsinul Qur’an (PKTQ ) untuk menumbuhkan kemampuan membaca Al-Qur’an yang fasih dan tartil mahasiswa di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Melihat realita yang ada tentang kelancaran mahasiswa dalam membaca Qur’an di fakultas tersebut masih kurang, sedangkan fakultas yang menghasilkan calon guru semestinya tidak bisa diragukan lagi dalam membaca Qur’an. Program Kepribadian Tahsinul Qur’an (PKTQ) mempunyai peran yang besar dalam meningkatkan generasi mahasiswa yang pandai dan benar membaca Qur’an khususnya di Fakultas Ilmu Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menfokuskan penelitian pada PKTQ 2015 Fakultas Ilmu Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Adapun subyek penelitian ini melibatkan 5 narasumber yang berkompeten sekaligus memiliki kapasitas keilmuan tahsinul qur’an yang memadai, sedangkan obyek penelitian dilakukan di PKTQ 2015 Fakultas Ilmu Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi berperan serta (participant observation), wawancara mendalam (indepth interview) dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara menyajikan data dengan cara triangulasi sumber dan triangulasi teknik serta di sandarkan pada teori, setelah itu ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini bahwa pemberdayaan SDM pada Program Kepribadian Tahsinul Qur’an. (1) Pelaksanaan pemberdayaan SDM dilakukan secara tatap muka (direct communication) dengan menggunakan metode training of trainer,(2) Kemampuan, penempatan, serta kewenangan pendidik/asisten secara teori PKTQ sudah sangat baik, namun dari segi tugas dantanggung jawab PKTQ cenderung masih membutuhkan peningkatan dan tanggung jawab moral, karena di akui bahwa masih ada beberapa pandangan dengan penilaian tahsinul qur’an seringkali dilakukan apabila memiliki waktu luang, (3) Motivasi oleh ketua dan pengurus kepada pendidik dengan menggunakan kata – kata penggugah dan penyemangat dari Qur’an maupun hadits. (4) Hasil dari program Ta_sīn Al-Qur`ān PKTQ 2015 secara umum menunjukkan adanya peningkatan persentase mahasiswa yang dapat membaca Al-Qur`ān dengan baik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Subiyantoro, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan, Pengembangan Sumber Daya Manusia,dan Program Kepribadian Tahsinul Qur’an PKTQ 2015
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Jul 2017 14:55
Last Modified: 31 Jul 2017 14:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26944

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum