NILAI-NILAI REVOLUSI MENTAL DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN SISWA (STUDI ANALISIS MATERI BUKU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KURIKULUM 2013)

NANDA NURSYAH ALAM, NIM. 13410204 (2017) NILAI-NILAI REVOLUSI MENTAL DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN SISWA (STUDI ANALISIS MATERI BUKU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KURIKULUM 2013). Skripsi thesis, NILAI-NILAI REVOLUSI MENTAL DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN SISWA (STUDI ANALISIS MATERI BUKU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KURIKULUM 2013).

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI REVOLUSI MENTAL DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN SISWA (STUDI ANALISIS MATERI BUKU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KURIKULUM 2013))
13410204_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI REVOLUSI MENTAL DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN SISWA (STUDI ANALISIS MATERI BUKU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KURIKULUM 2013))
13410204_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Latar Belakang penelitian ini adalah banyak terjadinya tindakan-tindakan negatif dan kriminalitas di kalangan pelajar dan remaja. Hal ini disebabkan karena adanya mental-mental negatif yang melekat pada cara berpikir dan bertindak di kalangan pelajar dan remaja. Revolusi mental kearah mentalitas positif merupakan hal penting yang harus ditanamkan dalam diri pelajar dan remaja agar dapat berpikir dan bertindak sesuai ajaran agama dan norma-norma kehidupan. Revolusi mental tersebut dapat diintegrasikan kedalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti sehingga penelitian ini difokuskan pada kandungan nilai revolusi mental dan implikasinya terhadap pembentukan kepribadian. Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui konsep revolusi mental dan nilainilai revolusi mental serta implikasinya terhadap pembentukan kepribadian siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan dengan sumber data primer buku siswa pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X, XI, dan XII SMA Kurikulum 2013. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi pendidikan karena mengkaji masalah dengan mempelajari kondisi kejiwaan dan tingkah laku siswa sebagai individu, anggota kelompok dan lingkungan sekitar (sekolah, keluarga dan masyarakat) dalam proses belajar mengajar. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis content. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Konsep revolusi mental yaitu perombakan kejiwaan seorang manusia dari yang keras kepala, suka berdusta, mencuri, intoleran, menyeleweng, menyiksa orang lain yang lainnya menjadi manusia yang lebih baik. (2) Kandungan nilai revolusi mental dalam Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X yaitu percaya diri dan teguh pendirian, nilai sosial, nilai kejujuran, nilai religius (spiritual), nilai kesabaran (kontrol diri), positive thinking, nilai persaudaraan dan nilai. Adapun nilai revolusi mental dalam Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XI yaitu nilai religius (spiritual), nilai saling menghormati, nilai kejujuran, nilai kepatuhan, nilai keteladanan, nilai kerja keras, nilai toleransi dan nilai anti kekerasan. Sedangkan Adapun nilai revolusi mental dalam Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XI yaitu nilai religius (spiritual), nilai kerja keras, nilai optimisme, nilai saling menghargai. (3) Implikasinya terhadap pembentukan kepribadian siswa yaitu mengarahkan dan membimbing siswa menjadi taat beribadah, mengidentifikasi dan memahami tindakan-tindakan negatif di masyarakat, melakukan praktik-praktik kegiatan dan pengembangan diri, mengadakan kegiatan sosial masyarakat, membuat pengayaan dan refleksi proses pembelajaran, dan menerapkan kejujuran dalam setiap latihan dan ujian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Tasman Hamami, M.A
Uncontrolled Keywords: Revolusi Mental, Pembentukan Kepribadian
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 27 Jul 2017 10:42
Last Modified: 27 Jul 2017 10:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26947

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum