MANAJEMEN PEMASARAN PENDIDIKAN NONFORMAL STUDI KASUS DI DESA BAHASA BOROBUDUR

MUHAMMAD RIDLWAN ALI, NIM. 12490052 (2017) MANAJEMEN PEMASARAN PENDIDIKAN NONFORMAL STUDI KASUS DI DESA BAHASA BOROBUDUR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PEMASARAN PENDIDIKAN NONFORMAL STUDI KASUS DI DESA BAHASA BOROBUDUR)
12490052_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PEMASARAN PENDIDIKAN NONFORMAL STUDI KASUS DI DESA BAHASA BOROBUDUR)
12490052_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki latar belakang bahwa dalam kenyataan yang terjadi di Era Globalisasi sekarang ini persaingan dunia pendidikan menjadi tidak dapat terelakan lagi, baik pendidikan formal maupun pendidikan nonformal. Banyak lembaga pendidikan yang ditinggalkan pelangganya karena tidak mampu bersaing dengan lembaga pendidikan lainya. Persaingan antar lembaga pendidikan nonformal sangatlah ketat, banyak bermunculan lembaga-lembaga nonformal yang baru dan banyak juga lembaga pendidikan yang telah mati. Peneliti tertarik meneliti Desa Bahasa Borobudur sebagai salah satu lembaga pendidikan nonformal yang cukup pesat perkembanganya. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengetahui taktik pemasaran jasa pendidikan yang di terapkan Desa Bahasa Borobudur; (2) mengetahui perkembangan pemasaran Desa Bahasa Borobudur; dan (3) untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam melakukan pemasaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi pasrtisipasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknis analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah: memaparkan pertama: secara tidak langsung Desa Bahasa menerapkan bauran pemasaran (marketing mix) dalam proses pemasaran pendidikanya. Kedua, dalam perkembangan pemasaran, hampir setiap tahun Desa Bahasa selalu memunculkan sesuatu yang baru, khususnya dalam hal pelayanan dan fasilitas. Dan yang ke tiga, berkaitan dengan faktor pendukung diantaranya; metode pembelajaran yang tidak ada dilembaga manapun yang dipadukan dengan program yang ditawarkan, lokasi yang tidak jauh dari candi Borobudur yang memudahkan para siswanya untuk praktek dengan turis asing, dan garansi mengulang seumur hidup bagi siswa yang belum puas. untuk faktor penghambat diantaranya; kurangnya dukungan dari pemerintah, kurangnya fasilitas, dan kurangnya tenaga pengajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Imam Machali M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Perkembangan Pemasaran, Lembaga Pendidikan Non formal
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Jul 2017 14:52
Last Modified: 31 Jul 2017 14:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26952

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum