PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK SIKAP TOLERANSI KEBERAGAMAAN SISWA KELAS VIII MELALUI PENGEMBANGAN SIFAT INKLUSIF DI SMP N 1 KALASAN

JAKA SISWORO, NIM.13410224 (2017) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK SIKAP TOLERANSI KEBERAGAMAAN SISWA KELAS VIII MELALUI PENGEMBANGAN SIFAT INKLUSIF DI SMP N 1 KALASAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK SIKAP TOLERANSI KEBERAGAMAAN SISWA KELAS VIII MELALUI PENGEMBANGAN SIFAT INKLUSIF DI SMP N 1 KALASAN)
13410224_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK SIKAP TOLERANSI KEBERAGAMAAN SISWA KELAS VIII MELALUI PENGEMBANGAN SIFAT INKLUSIF DI SMP N 1 KALASAN)
13410224_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pendidikan di sekolah merupakan salah satu alternatif pemersatu dari banyaknya perbedaan agama dan kepercayaan. Subyek yang paling diharapkan adalah sosok guru, terutama guru PAI. SMP N 1 Kalasan adalah salah satu contoh lembaga pendidikan yang mengedepankan toleransi dalam setiap pembelajaran maupun kegiatan keagamaan. Namun, karena kurangnya kesadaran, kepekaan, dan semangat yang tinggi dalam diri siswa. Faktor-faktor tersebut menjadikan siswa cenderung acuh terhadap pembelajaran dan kegiatan yang mencerminkan sikap toleransi. Hal inilah yang mendasari guru PAI di SMP N 1 Kalasan mengembangkan sifat inklusif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan peran guru PAI dalam membentuk sikap toleransi siswa melalui pengembangan sifat inklusif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMP N 1 Kalasan Sleman. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan kemudian diverifikasi lalu ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) dasar dikembangkannya sikap toleransi oleh guru PAI adalah surat al-Hujurat ayat 11 dan al-Kafirun ayat 6 yang mencerminkan salah satu indikator visi sekolah. (2) sifat-sifat inklusif yang dikembangkan oleh guru PAI adalah persamaan hak dalam beribadah serta sikap saling menghormati dan menghargai. (3) pembentukan sikap toleransi siswa oleh guru PAI dengan cara pembiasaan untuk menyesuaikan diri dalam setiap kegiatan keagamaan, mempraktikan sikap saling menghormati dan menghargai, serta menghubungkan materi pembelajaran dengan sikap toleransi. (4) kondisi toleransi siswa setelah pembentukan sikap toleransi oleh guru PAI tercermin dalam tiga segi yaitu; menghormati keyakinan orang lain, kesadaran dan kejujuran, dan jiwa falsafah Pancasila.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Usman, SS, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Sifat Inklusif, Toleransi, Guru PAI
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 27 Jul 2017 11:26
Last Modified: 27 Jul 2017 11:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26956

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum