STUDI ANALISIS INTERAKSI SOSIAL ANTARA SISWA MUSLIM DAN NON MUSLIM BERDASARKAN PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 YOGYAKARTA

DIAH RUSMALA DEWI, NIM. 13410239 (2017) STUDI ANALISIS INTERAKSI SOSIAL ANTARA SISWA MUSLIM DAN NON MUSLIM BERDASARKAN PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (STUDI ANALISIS INTERAKSI SOSIAL ANTARA SISWA MUSLIM DAN NON MUSLIM BERDASARKAN PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 YOGYAKARTA)
13410239_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (STUDI ANALISIS INTERAKSI SOSIAL ANTARA SISWA MUSLIM DAN NON MUSLIM BERDASARKAN PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 YOGYAKARTA)
13410239_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (555kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah berkaitan dengan karakteristik keagamaan siswa di SMP Negeri 1 Yogyakarta yang cukup beragam, diantaranya yaitu terdapat siswa yang beragama Islam, Kristen, Katolik, Hindu dan Budha, dengan mayoritas siswa beragama Islam. Keberadaan minoritas yang memiliki agama atau keyakinan berbeda dengan mayoritas identik dengan pendiskriminasian dan tidak jarang terjadi kesenjangan sosial antara mayoritas dengan minoritas. Di SMP Negeri 1 Yogyakarta, siswa yang menjadi ketua umum dalam organisasi siswa intra sekolah (OSIS) dalam beberapa periode kepengurusan selalu siswa muslim yang merupakan siswa mayoritas di sekolah tersebut. Berdasarkan hal tersebut, apakah siswa non muslim tidak melakukan interaksi sosial yang mengarah pada persaingan dengan siswa muslim, apakah dalam persaingan tersebut siswa diberikan kesempatan yang sama yaitu pemilihan tersebut berdasarkan kemampuan siswa dan bukan karena keberpihakan terhadap salah satu agama siswa. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang interaksi sosial antara siswa muslim dan non muslim yang terjadi di SMP Negeri 1 Yogyakarta dalam perspektif pendidikan agama Islam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMP Negeri 1 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara mendalam. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, kemudian diverifikasi lalu ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi, yaitu triangulasi sumber dan metode. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Bentuk interaksi antara siswa muslim dan non muslim di SMP Negeri 1 Yogyakarta terbagi ke dalam bentuk interaksi asosiatif dan disosiatif. Bentuk interaksi asosiatif diantaranya yaitu kerjasama dan akomodasi, sedangkan bentuk interaksi disosiatif meliputi persaingan dan konflik. Interaksi sosial antara siswa muslim dan non muslim di SMP Negeri 1 Yogyakarta dalam perspektif pendidikan agama Islam yaitu antar siswa beragama di sekolah tersebut memiliki pola interaksi sosial yang positif, baik siswa muslim maupun siswa non muslim berusaha menciptakan hubungan yang harmonis dalam kehidupan keseharian di sekolah. Hal tersebut sesuai dengan apa yang diajarkan dalam Islam yaitu Islam sangat menekankan kerukunan antar umat beragama dalam hal kehidupan sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Interaksi Sosial, Siswa Muslim dan Non Muslim, Perspektif Pendidikan Agama Islam.
Uncontrolled Keywords: Interaksi Sosial, Siswa Muslim dan Non Muslim, Perspektif Pendidikan Agama Islam.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 27 Jul 2017 11:35
Last Modified: 27 Jul 2017 11:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26963

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum