MANAJEMEN PEMBELAJARAN MUFRODAT BAHASA ARAB STUDI KASUS PADA KELAS X JURUSAN AGAMA MAN PAKEM SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2016/ 2017

SULASIATUL MUFIDATI, NIM. 10420007 (2017) MANAJEMEN PEMBELAJARAN MUFRODAT BAHASA ARAB STUDI KASUS PADA KELAS X JURUSAN AGAMA MAN PAKEM SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2016/ 2017. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PEMBELAJARAN MUFRODAT BAHASA ARAB STUDI KASUS PADA KELAS X JURUSAN AGAMA MAN PAKEM SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2016/ 2017)
10420007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PEMBELAJARAN MUFRODAT BAHASA ARAB STUDI KASUS PADA KELAS X JURUSAN AGAMA MAN PAKEM SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2016/ 2017)
10420007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Semua maharah dalam pembelajaran Bahasa Arab diawali dengan mufrodat atau kosa kata sebagai dasar pemahamannya. Untuk memahami teks berbahasa Arab maka penguasaan kosakata yang baik sangat dibutuhkan salah satunya melalui pembelajaran mufrodat. Pentingnya pembelajaran mufrodat sehingga perlu adanya tinjauan dari teori manajemen pembelajaran yang di dalamnya meliputi empat proses menurut Stooner yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan dalam pembelajaran. Berdasarkan aspek tersebut peneliti bermaksud memaparkan tentang manajemen pembelajaran mufrodat di MAN Pakem Sleman. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan. Pengambilan sumber data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran bahasa Arab yang mengajar di kelas X jurusan Agama MAN Pakem Sleman Bapak Rosid, S.S. Adapun uji validitas data menggunakan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini adalah pertama, perencanaan pembelajaran dilakukan oleh guru mata pelajaran bahasa Arab Bapak Rosid secara terstruktur namun tidak tertulis. Kedua, pengorganisasian pembelajaran mufrodat di kelas X Jurusan Agama oleh Bapak Rosid dilaksanakan melalui pendekatan pembelajaran secara empirik-behavioristik, dengan metode pembelajaran membaca dan strategi pembelajaran drill atau pengulangan. Ketiga, pengarahan pembelajaran mufrodat yang dilakukan oleh Bapak Rosid selaku guru bahasa Arab yang bertanggung jawab sebagai motivator. Keempat, pengawasan pmbelajaran mufrodat bahasa Arab di kelas X Jurusan Agama MAN Pakem Sleman dilakukan dengan dua evaluasi atau penilaian yaitu tes pemahaman dan tes penggunaan. Faktor pendukung dan penghambat manajemen pembelajaran secara garis besar lebih kepada kondisi kelas serta sarana dan prasarana pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhammad Ja’far Shodiq, M. S. I,
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembelajaran, Mufrodat Bahasa Arab, MAN Pakem Sleman Yogyakarta
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 27 Jul 2017 11:41
Last Modified: 27 Jul 2017 11:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26964

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum