MANAJEMEN PENGELOLAAN PENDIDIKAN NONFORMAL PUSAT PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS SIMPEL DAN CEPAT (SPEC) BOROBUDUR MAGELANG JAWA TENGAH

RAHMA FATIANNISA, NIM. 13490073 (2017) MANAJEMEN PENGELOLAAN PENDIDIKAN NONFORMAL PUSAT PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS SIMPEL DAN CEPAT (SPEC) BOROBUDUR MAGELANG JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PENGELOLAAN PENDIDIKAN NONFORMAL PUSAT PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS SIMPEL DAN CEPAT (SPEC) BOROBUDUR MAGELANG JAWA TENGAH)
13490073_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA (2).pdf

Download (16MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PENGELOLAAN PENDIDIKAN NONFORMAL PUSAT PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS SIMPEL DAN CEPAT (SPEC) BOROBUDUR MAGELANG JAWA TENGAH)
13490073_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR (2).pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan pendidikan nonformal yang masih diiringi dengan rendahnya mutu lembaga pendidikan nonformal. Perlu adanya pengelolaan lembaga agar kegiatan di lembaga pendidikan nonformal tetap berjalan. Pusat Pendidikan Bahasa Inggris Simpel dan Cepat (SPEC) merupakan contoh pendidikan nonformal yang menyelenggarakan kursus Bahasa Inggris sejak tahun 1998 dan telah memiliki banyak prestasi serta penerapan metodenya dapat diterima oleh semua kalangan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana pengelolaan program kursus Bahasa Inggris di Pusat Pendidikan Bahasa Inggris Simpel dan Cepat (SPEC), mengetahui bagaimana penerapan metode, mengetahui hasil yang diperoleh Pusat Pendidikan Bahasa Inggris Simpel dan Cepat (SPEC) dalam menyelenggarakan kursus dan faktor yang mendukung keberhasilan manajemen. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar Pusat Pendidikan Bahasa Inggris Simpel dan Cepat (SPEC) Borobudur. Peneliti menggunakan purposive sampling dalam menentukan subjek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi nonpartisan dan dokumentasi. Analisis data digunakan dengan merangkum, menyeleksi, menyusun data yang diperoleh kemudian ditarik kesimpulan. Teknik validitas data dilakukan dengan cara trianggulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pusat Pendidikan Bahasa Inggris Simpel dan Cepat (SPEC) mengelola program kursus Bahasa Inggris dengan membuat rencana jangka pendek, menengah dan panjang. Semua staff terlibat dalam merealisasikan rencana dan setiap staff diberi kebebasan untuk mengembangkan kreativitasnya sesuai dengan devisi masing-masing. Untuk evaluasinya setiap staff membuat laporan bulanan. 2) Metode yang diterapkan dalam setiap pembelajaran yaitu listening and drilling. Faktor yang mempengaruhi penerapan metode yaitu materi, metode dan gaya mengajar instruktur. 3) Hasil yang diperoleh SPEC dalam menyelenggarakan kursus Bahasa adalah dikenal oleh masyarakat, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa Inggris dan memiliki banyak prestasi. 4) Faktor yang mendukung keberhasilan pengeloaan program kursus yaitu metode, kerja sama antar staff dan kerja sama dengan sekolah dan instansi pemerintah. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu ketidakhadiran peserta didik da instrutur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dra. Misbah Ulmunir, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, Metode, SPEC
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 27 Jul 2017 07:52
Last Modified: 31 Jul 2017 07:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26966

Actions (login required)

View Item View Item