ANALISIS EFEKTIVITAS PROGRAM LATIHAN PROFESI LINK AND MATCH DENGAN PROFIL LULUSAN PROGRAM STUDI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA (Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi)

AFIQ FIKRI ALMAS, NIM. 13490077 (2017) ANALISIS EFEKTIVITAS PROGRAM LATIHAN PROFESI LINK AND MATCH DENGAN PROFIL LULUSAN PROGRAM STUDI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA (Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS EFEKTIVITAS PROGRAM LATIHAN PROFESI LINK AND MATCH DENGAN PROFIL LULUSAN PROGRAM STUDI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA (Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi))
13490077_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (12MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS EFEKTIVITAS PROGRAM LATIHAN PROFESI LINK AND MATCH DENGAN PROFIL LULUSAN PROGRAM STUDI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA (Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi))
13490077_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini berawal dari kegelisahan peneliti terhadap permasalahan-permasalahan yang terjadi di dalam pelaksanaan program latihan profesi prodi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, disamping karena program yang baru dilaksanakan selama dua tahun ini dipandang masih banyak membutuhkan evaluasi. Berdasarkan pada peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 1429 tahun 2012 tanggal 31 Agustus 2012 tentang Penataan Program Studi di Perguruan Tinggi Agama Islam yang mengharuskan Jurusan Kependidikan Islam (KI) menyesuaikan namanya menjadi Prodi Manajemen Pendidikan Islam yang secara otomatis turut mengubah profil lulusan dan kurikulum prodi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sasarannya adalah seluruh unsur yang terlibat dalam program latihan profesi MPI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Peneliti menentukan sample dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik non probability sampling dan snowballing sampling. Teknik analisis data dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Dalam hal ini peneliti mengungkap mengenai efektivitas program latihan profesi link and match dengan profil profesi lulusan prodi MPI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) proses pelaksanaan PLP MPI UIN SUKA secara garis besar sudah sesuai dengan panduan, SOP dan tujuannya, walaupun masih terdapat beberapa kendala yang menjadi evaluasi. Diawali dengan pembekalan mahasiswa kemudian dilanjutkan dengan PLP I untuk melaksanakan observasi ke lokasi PLPnya guna merumuskan program. Kemudian dilanjutkan dengan penerjunan PLP 2 selamat 45 hari untuk mengimplementasikan program. (2) Hasil pelaksanaan PLP MPI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta selama dua tahun dapat dikatakan efektif dengan beberapa evaluasi dari kekurangan yang ada. Hal ini terlihat dari pelaksanaan PLP selama satu setengah semester dengan lokasinya masing-masing memberikan dampak positif dan kontribusi mahasiswa yang sangatlah baik untuk tempat PLPnya, walaupun di sisi lain pelaksanaan PLP yang dilaksanakan di sekolah masih kurang efektif. (3) Link and match PLP dengan profil lulusan Prodi MPI sudah terlihat dari PLP yang melatih mahasiswa untuk menjadi tenaga kependidikan yang profesional di kantor dan sekolah, pengelola lembaga pendidikan dengan terjun ke sokolah, didukung dengan pengembangan riset menjadi peneliti pendidikan, serta program mahasiswa yang mendukung skill edupreneurship-nya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Misbah Ulmunir, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Link and Match, dan Profil Lulusan
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Jul 2017 14:51
Last Modified: 31 Jul 2017 14:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26967

Actions (login required)

View Item View Item