PENGARUH PERSEPSI KETERAMPILAN GURU MENGAJAR TERHADAP PERSEPSI MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH PAKEM KABUPATEN SLEMAN TAHUN AKADEMIK 2016/2017

FARIS NAUFAL ABDAN, NIM. 12420006 (2017) PENGARUH PERSEPSI KETERAMPILAN GURU MENGAJAR TERHADAP PERSEPSI MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH PAKEM KABUPATEN SLEMAN TAHUN AKADEMIK 2016/2017. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PERSEPSI KETERAMPILAN GURU MENGAJAR TERHADAP PERSEPSI MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH PAKEM KABUPATEN SLEMAN TAHUN AKADEMIK 2016/2017)
12420006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PERSEPSI KETERAMPILAN GURU MENGAJAR TERHADAP PERSEPSI MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH PAKEM KABUPATEN SLEMAN TAHUN AKADEMIK 2016/2017)
12420006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi peserta didik tentang seberapa baik keterampilan mengajar guru bahasa Arab dan persepsi peserta didik tentang motivasi belajar bahasa Arab, serta seberapa besar pengaruh persepsi keterampilan guru mengajar, terhadap persepsi motivasi belajar bahasa Arab peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah Pakem. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah Pakem. Pengambilan sampel dilakukan dengan tekhnik purposive sampling sebanyak 67 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan metode angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial melalui uji korelasi dan uji regresi sederhana. Uji prasyarat dilakukan dengan melakukan uji normalitas dan uji linearitas. Dari hasil penelitian diketahui bahwa 1) Persepsi keterampilan mengajar guru bahasa Arab masuk dalam kategori baik, yaitu berada pada kelas interval, 68-72 dengan skor sebanyak 68,82 sehingga dapat dikategorikan baik. 2) Persepsi motivasi belajar bahasa Arab peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah Pakem masuk dalam kategori baik, yaitu berada pada kelas interval 79-84 dengan skor sebanyak 80,80 sehingga mendapatkan kategori baik. 3) Pengaruh dari variabel independent (X) yaitu persepsi keterampilan guru mengajar bahasa Arab terhadap persepsi motivasi belajar bahasa Arab peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah pakem memperoleh koefisien determinasi 0,878 atau pengaruhnya sebanyak 87%, sehingga dapat dikatakan sangat berpengaruh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Nisa Syuhda, SS, M.Hum.,
Uncontrolled Keywords: Cara Mengajar guru, Motivasi belajar, Bahasa Arab.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 27 Jul 2017 06:32
Last Modified: 27 Jul 2017 06:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26969

Actions (login required)

View Item View Item