MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN PENDEKATAN KEBERMAKNAAN DI MADRASAH TSANAWIYAH WATHONIYAH ISLAMIYAH (MTsWI) KARANGDUWUR PETANAHAN KEBUMEN

NGINAYATUL KHASANAH NIM : 05420040, (2009) MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN PENDEKATAN KEBERMAKNAAN DI MADRASAH TSANAWIYAH WATHONIYAH ISLAMIYAH (MTsWI) KARANGDUWUR PETANAHAN KEBUMEN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN PENDEKATAN KEBERMAKNAAN DI MADRASAH TSANAWIYAH WATHONIYAH ISLAMIYAH (MTsWI) KARANGDUWUR PETANAHAN KEBUMEN)
BAB I,V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN PENDEKATAN KEBERMAKNAAN DI MADRASAH TSANAWIYAH WATHONIYAH ISLAMIYAH (MTsWI) KARANGDUWUR PETANAHAN KEBUMEN)
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (223kB)

Abstract

ABSTRAK Madrasah atau sekolah merupakan lembaga pendidikan yang didala mnya terdapat berbagai komponen/ pihak yang terlibat dan saling bekerja sama. Sebagai sebuah lembaga pendidikan tentunya dibutuhkan manajemen demi teraturnya program yang direncanakan serta tercapainya tujuan pembelajaran yang dilaksanakan. Dalam proses belajar mengajar ada berbagai faktor yang dapat mengantarkan pada keberhasilan dalam pembelajaran tersebut, agar pembelajaran yang dilaksanakan tidak hanya sekedar belajar tanpa adanya makna. Oleh karena itu, untuk mewujudkan pembelajaran yang bermakna maka dibutuhkan manajemen pembelajaran bahasa Arab dengan pendekatan kebermaknaan untuk mencapai tujuan tersebut. Fakta yang ada di Madrasah Tsanawiyah Wathoniyah Islamiyah (MTsWI) Karangduwur Petanahan Kebumen, yaitu pembelajaran bahasa Arab yang dilaksanakan itu menggunakan metode hafalan dan siswa yang belajar di MTsWI sebagian besar adalah karena faktor pengaruh keluarga dan bukan kemauan sendiri, dimana kedua hal ini terkesan memaksa. Sehingga keberhasilan pembelajaran bahasa Arab yang bermakna masih dipertanyakan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Pendekatan Kebermaknaan yang mencakup perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi informasi dan pengetahuan bagi lembaga pendidikan pada umumnya, guru, kepala sekolah ataupun siswa se rta berbagai pihak yang terkait dalam usaha untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Arab agar bermakna. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus, pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan (observasi), angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen pembelajaran bahasa Arab dengan pendekatan kebermaknaan yang dilaksanakan MTsWI sedikit bertentangan dengan pembelajaran bermakna kognitif yaitu dengan cara ha falan materi. Selain itu manajemen yang dilaksanakan atas dasar pengalaman dengan berbagai modifikasi mengikuti perkembangan dunia pendidikan di Indonesia. Akan tetapi pembelajaran bahasa Arab dengan pendekatan kebermaknaan bisa dikatakan berhasil, dimana pembelajaran bahasa Arab yang selama ini menjadi keunggulan dari MTsWI bagi para siswa tidak hanya sekedar asal belajar tetapi benar -benar menjadi sebuah kebutuhan belajar yang bermakna bagi mereka serta materi yang dipelajari bisa dihubungkan dengan penga laman atau informasi yang sudah ada pada sistem kognitif siswa. Keberhasilan pembelajaran bahasa Arab ini tidak terlepas dari peran manajemen belajar bahasa arab bermakna yang dilaksanakan mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evalusi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Bapak Nurhadi, M.A
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Pembelajaran, Bahasa Arab, Pendekatan, Kebermaknaan
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 09 Aug 2012 13:06
Last Modified: 03 Apr 2017 08:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2697

Actions (login required)

View Item View Item