HUBUNGAN PERSEPSI PESERTA DIDIK TENTANG SIKAP GURU DALAM MENGAJAR DENGAN PERSEPSI PESERTA DIDIK TENTANG EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS X FARMASI DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

ACHMAD BASTOMI, NIM. 12420106 (2017) HUBUNGAN PERSEPSI PESERTA DIDIK TENTANG SIKAP GURU DALAM MENGAJAR DENGAN PERSEPSI PESERTA DIDIK TENTANG EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS X FARMASI DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN PERSEPSI PESERTA DIDIK TENTANG SIKAP GURU DALAM MENGAJAR DENGAN PERSEPSI PESERTA DIDIK TENTANG EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS X FARMASI DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017)
12420106_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN PERSEPSI PESERTA DIDIK TENTANG SIKAP GURU DALAM MENGAJAR DENGAN PERSEPSI PESERTA DIDIK TENTANG EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS X FARMASI DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017)
12420106_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya korelasi antara persepsi peserta didik tentang sikap guru dalam mengajar dengan persepsi peserta didik tentang efektivitas pembelajaran bahasa arab siswa. Diasumsikan terdapat korelasi positif yang signifikan sebagaimana yang dirumuskan dalam hipotesis. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, dengan subjek penelitian siswa kelas X Farmasi SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta Tahun 2016/2017 diambil menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan metode angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial melalui uji korelasi sederhana (product moment) dan uji regresi sederhana, yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji linieritas. Hasil penelitian menunjukan: 1) Persepsi peserta didik kelas X Farmasi tentang sikap guru dalam mengajar berada pada kategori baik, yaitu pada kelas interval 77-81 sebesar 25,71%. 2) Persepsi peserta didik tentang efektivitas pembelajaran bahasa arab siswa kelas x Farmasi berada pada kategori baik, yaitu pada kelas interval 78-82 sebesar 25,71%. 3) Terdapat hubungan yang positif dan sangat signifikan antara persepsi peserta didik tentang sikap guru dalam menagajar dengan persepsi peserta didik tentang efektivitas pembelajaran bahasa arab siswa kelas X Farmasi di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta Tahun 2016/2017, hal ini ditunjukan dari hasil penelitian dengan nilai korelasi (rxy 0,917), sumbangan efektif persepsi peserta didik tentang sikap guru dalam mengajar terhadap persepsi peserta didik tentang efektivitas pembelajaran bahasa Arab sebesar 84,1% (R square 0,841).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Dudung Hamdun, M.Si.,
Uncontrolled Keywords: Persepsi Siswa, Sikap Guru Dalam Mengajar, Efektivitas Pembelajaran Bahasa Arab.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 27 Jul 2017 06:57
Last Modified: 27 Jul 2017 06:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26976

Actions (login required)

View Item View Item