EKSPERIMENTASI METODE MIMICRY-MEMORIZATION UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRADᾹT SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 8 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017

FITRIANI NUR ALIFAH, NIM. 13420032 (2017) EKSPERIMENTASI METODE MIMICRY-MEMORIZATION UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRADᾹT SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 8 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img] Text (EKSPERIMENTASI METODE MIMICRY-MEMORIZATION UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRADᾹT SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 8 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017)
13420032_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (14MB)
[img] Text (EKSPERIMENTASI METODE MIMICRY-MEMORIZATION UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRADᾹT SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 8 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017)
13420032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Latar Belakang penelitian ini adalah adanya fakta bahwa met pembelajaran bahasa Arab di SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta belum bervari sehingga siswa merasa bosan. Oleh karena itu peneliti mencoba menerap metode pembelajaran Mimicry-Memorization sebagai suatu metode pembelaja yang bervariatif. Dengan metode ini, diharapkan adanya peningkatan penguas mufradāt. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pelaksanaan pembelaja mufradāt dengan metode mimicry-memorization, dan (2) Mengetahui efektifi hasil penerapan metode mimicry-memorization untuk meningkatkan penguas mufradāt. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan model des eksperimen kuasi (Quasi Eksperimen). Kemudian objek dari penelitian ini ada siswa kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII D sebagai ke kontrol. Dalam rangka mengumpulkan data peneliti menggunakan teknik (pretest,posttest), observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis un menguji hipotesis yang diajukan adalah dengan melakukan uji-T melalui progr SPSS 16 serta uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil analisis menunjukan bahwa: (1) Pelaksanaan pembelajaran mufra dengan metode mimicry-memorization di kelas VIII C diawali dengan penjela aturan dan langkah-langkah pembelajaran dengan cara meniru dan mengha mufradāt yang dilakukan secara berulang-ulang yang pada akhirnya da meningkatkan penguasaan mufradāt pada siswa secara langsung dan otoma Adapun kegiatan akhir yaitu merefleksi dan menyimpulkan bersama terha pembelajaran yang telah dilakukan. (2) Penerapan metode mimicry-memorizat efektif meningkatkan penguasaan mufradāt siswa kelas VIII SMP Muhammadi 8 Yogyakarta. Hal tersebut didasarkan pada hasil analisis uji T. Hasil anali menunjukkan bahwa peningkatan penguasaan mufradāt setelah penerapan met mimicry-memorization lebih tinggi dibanding sebelumnya dengan signifika 0,015 dimana lebih kecil dari 0,05, sesuai dengan pengambilan keputusan p Paired Sample T-Test maka diputuskan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara keduanya. Dari hasil analisis di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa met mimicry-memorization efektif meningkatkan penguasaan mufradāt siswa kelas SMP Muhamadiyah 8 Yogyakarata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Abdul Munip, M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: Metode Mimicry-Memorization, Pembelajaran Mufradāt
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 27 Jul 2017 14:21
Last Modified: 27 Jul 2017 14:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26985

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum