EFEKTIVITAS METODE DISKUSI DALAM PEMBELAJARAN SARAF DI KELAS IMRITY PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA TAHUN 2017

AFIFATUL MUNAWAROH, NIM. 13420067 (2017) EFEKTIVITAS METODE DISKUSI DALAM PEMBELAJARAN SARAF DI KELAS IMRITY PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA TAHUN 2017. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img] Text (EFEKTIVITAS METODE DISKUSI DALAM PEMBELAJARAN SARAF DI KELAS IMRITY PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA TAHUN 2017)
13420067_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[img] Text (EFEKTIVITAS METODE DISKUSI DALAM PEMBELAJARAN SARAF DI KELAS IMRITY PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA TAHUN 2017)
13420067_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya fakta bahwa metode yang digunakam dalam pembelajaran Saraf di kelas Imrity yang dilaksanakan di pagi hari yaitu pukul 05:00-06:00 adalah metode diskusi, akan tetapi pada saat pembelajaran berlangsung beberapa santri tertidur dan ketika menghadapi ujian semester satu pada akhir bulan November 2016 banyak para santri yang kesulitan mengerjakan soal. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) proses pembelajaran Saraf menggunakan metode diskusi, 2) keefektivan metode diskusi dalam pembelajaran Saraf, 3) faktor pendukung dan penghambat metode diskusi di kelas Imrity pondok pesantren Al-Luqmaniyyah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan jenis desain penelitian pretest-posttest one grup design. Objek penelitian ini adalah santri kelas Imrity pondok pesantren Al- Luqmaniyyah Yogyakarta. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes, sedangkan teknis analisis data yang digunakan yaitu uji paired samples t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penggunaan metode diskusi dalam pembelajaran Saraf di kelas Imrity diawali dengan salam, perkenalan diri dan penyampaian materi secara garis besarnya saja, kegiatan inti dimulai dengan penjelasan materi dan dilanjutkan dengan tanya jawab dengan peserta diskusi. Adapun kegiatan akhir diawali dengan pembenaran dan masukan dari ustadz dan diakhiri dengan kesimpulan dan salam 2) penggunaan metode diskusi dalam pembelajaran Saraf di kelas Imrity pondok pesantren Al-Luqmaniyyah Yogyakarta memberikan pengaruh atau efektif dengan prosentase proses sebesar 73% dan ketuntasan belajar sebesar 95% yang artinya terdapat peningkatan hasil belajar santri sebelum menggunakan metode diskusi dan setelah menggunakan metode diskusi, 3) Faktor pendukung efektivitas metode diskusi terdiri dari 5 macam, yaitu: tersedianya waktu yang memadai, santri yang bersemangat di dalam belajar Saraf, adanya pembentukan kelompok yang mendorong santri untuk bekerjasama, adanya sikap kritis santri yang menghidupkan jalannya diskusi, kemampuan petugas pemimpin diskusi yang bisa mengkondisikan audiens. Adapun faktor penghambat dari efektivitas metode diskusi di kelas Imrity terdiri dari 6 macam, yaitu: santri yang tidak mutola’ah sebelum masuk kelas sehingga menjadikan diskusi pasif, santri yang mengantuk, kurangnya media yang mendukung dalam proses diskusi, kurang adanya kesadaran santri akan pentingnya ilmu Saraf, kurang adanya usaha dari santri untuk membaca buku/kitab, santri yang lebih menguasai Saraf kurang memberikan stimulus kepada santri yang kurang mampu dalam memahami Saraf.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: M. Jafar Shodiq, M.SI
Uncontrolled Keywords: Metode Diskusi, S}araf, Kelas Imr>it{y .
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 27 Jul 2017 14:39
Last Modified: 27 Jul 2017 14:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26993

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum