EKSPERIMENTASI METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR QAWĀID BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI GODEAN TAHUN AJARAN 2016/2017

AZIZATUL MUNAWAROH, NIM. 13420076 (2017) EKSPERIMENTASI METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR QAWĀID BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI GODEAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img] Text (EKSPERIMENTASI METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR QAWĀID BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI GODEAN TAHUN AJARAN 2016/2017)
13420076_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (13MB)
[img] Text (EKSPERIMENTASI METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR QAWĀID BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI GODEAN TAHUN AJARAN 2016/2017)
13420076_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya fakta bahwa metode pembelajaran yang diterapkan di MTs Negeri Godean sangat monoton. Oleh karena itu, peneliti mencoba menerapkan metode pembelajaran Mind Mapping ini sebagai suatu metode pembelajaran alternatif. Dengan metode ini, diharapkan prestasi belajar qawāid bahasa Arab siswa akan meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran qawāid bahasa Arab dengan metode Mind Mapping, dan (2) Mengetahui efektifitas penerapan metode pembelajaran Mind Mapping dalam meningkatkan prestasi belajar qawāid bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan model desain eksperimen kuasi (Quasi Eksperimental). Objek penelitian yang digunakan adalah kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan VIII B sebagai kelas kontrol. Dalam rangka mengumpulkan data, peneliti menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan tes. Adapun tes dalam penelitian ini meliputi pretest dan posttest bahasa Arab. Teknik menganalisis data untuk menguji hipotesis yang diajukan adalah dengan melakukan uji-t melalui program SPSS 22 serta uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil analis menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan pembelajaran qawāid bahasa Arab dengan metode Mind Mapping di kelas VIII C diawali dengan penjelasan aturan dan langkah-langkah pembuatan mind map serta penyampaian materi seara garis besar. Pada kegiatan inti siswa berkelompok membuat satu buah mind map terkait materi, kemudian hasil kerja kelompok tersebut dipresentasikan di depan kelas dan dinilai oleh kelompok lain. Adapun kegiatan akhir yaitu merefleksi dan menyimpulkan bersama terhadap pembelajaran yang telah dilakukan. (2) Penerapan metode pembelajaran Mind Mapping efektif meningkatkan prestasi belajar qawāid bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Negeri Godean. Hal tersebut didasarkan pada hasil analisis data melalui uji-T. Hasil analisis menunjukkan bahwa prestasi belajar qawāid bahasa Arab siswa setelah penerapan metode Mind Mapping lebih tinggi dibanding sebelumnya dengan signifikansi 0.00 dimana lebih kecil dari 0.05, sesuai dengan pedoman pengambilan keputusan pada Paired Sample T-Test maka diputuskan bahwa terdapat perbedaan signifikan di antara keduanya. Dari hasil analisis diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa metode pembelajaran Mind Mapping efektif meningkatkan prestasi belajar qawāid bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhammad Jafar Shodiq, S.Pd.I., M.SI
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Mind Mapping, Prestasi Belajar, Qawāid bahasa Arab.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 27 Jul 2017 14:53
Last Modified: 27 Jul 2017 14:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26999

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum