KURIKULUM PENDIDIKAN KARAKTER PADA HOMESCHOOLING (Studi Implementasi Penanaman Karakter Islami pada Homeschooling Group Khairu Ummah, Bantul)

Rahmat Ibrahim, NIM. 10410117 (2017) KURIKULUM PENDIDIKAN KARAKTER PADA HOMESCHOOLING (Studi Implementasi Penanaman Karakter Islami pada Homeschooling Group Khairu Ummah, Bantul). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (KURIKULUM PENDIDIKAN KARAKTER PADA HOMESCHOOLING (Studi Implementasi Penanaman Karakter Islami pada Homeschooling Group Khairu Ummah, Bantul))
10410117_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (KURIKULUM PENDIDIKAN KARAKTER PADA HOMESCHOOLING (Studi Implementasi Penanaman Karakter Islami pada Homeschooling Group Khairu Ummah, Bantul))
10410117_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

RAHMAT IBRAHIM. Kurikulum Pendidikan Karakter pada Homeschooling (Studi Implementasi Penanaman Karakter Islami pada Homeschooling Group Khairu Ummah, Bantul). Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2017. Memasuki abad ke 21 terjadi perubahan yang cukup menarik dalam dunia pendidikan di Indonesia, dengan ditandai munculnya sekolah-sekolah rumah atau yang biasa dikenal dengan sebutan home school. Hal ini cukup menarik untuk dicermati bersama-sama mengingat model pendidikan yang sebelumnya telah eksis lebih dahulu di Indonesia terdiri dari tiga model yaitu pesantren, madrasah, dan sekolah. Dengan demikian konsep bersekolah tidak hanya dapat dilakukan di bangku sekolah formal, namun juga pada bangku sekolah-sekolah nonformal, maupun informal. Munculnya sekolah-sekolah rumah (homeschooling) di Indonesia menandai arus baru sebuah pendidikan di Indonesia yang cukup menarik untuk dicermati. Terlebih lagi, beberapa homeschooling yang muncul pada beberapa tahun belakangan telah mengidentifikasikan dirinya sebagai homeschooling yang menerapkan konsep pendidikan Islami. Tidak hanya itu saja, sisi menarik dari homeschooling yang muncul belakangan ternyata dimotori oleh para mantan aktivis Muslim kampus. Pergerakan para aktivis kampus ini memang menarik untuk diperhatikan lebih lanjut, terutama karena perannya dalam melakukan Islamisasi kehidupan masyarakat di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan model penelitian field research (riset lapangan). Pendekatan yang digunakan dalam karya tulis ini adalah deskriptif analitik, metode ini digunakan untuk menyusun data yang telah dikumpulkan, dijelaskan, kemudian dianalisa. Data-data yang diperoleh dari hasil penelitian di lapangan kemudian dijelaskan dalam bentuk kalimat yang memaparkan/deskriptif, kemudian dianalisis sesuai dengan kebutuhan penelitian. Hasil dari penelitian ini berusaha menjelaskan salah satu model pendidikan yang didirikan oleh para mantan aktivis Muslim kampus yaitu Homeschooling Group Khairu Ummah Bantul, berikut alasan utama berdirinya yaitu (1) moral and religious reasons, (2) family unity reasons, (3) academic reasons, dan (4) socialization reasons. Kurikulum pendidikan yang diterapkan terdiri dari kompetensi dasar (yang terdiri dari mata pelajaran tahfidhul qur’an dan bahasa), kompetensi inti/utama (yang berupa tsaqofah Islam dan mahfudzot), serta kompetensi penunjang yang berupa pelajaran sains, matematika, geografi, dan ekstrakurikuler. Proses penanaman karakter islami yang diterapkan menggunakan metode-metode seperti keteladanan (uswah hasanah), nasehat (mau’izhah), pembiasaan, dan hukuman (reward and punishment). Kata Kunci: Homeschooling, Sekolah Rumah, Pendidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Tasman Hamami, MA
Uncontrolled Keywords: Homeschooling, Sekolah Rumah, Pendidikan.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Aug 2017 07:47
Last Modified: 07 Aug 2017 07:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27009

Actions (login required)

View Item View Item