KORELASI ANTARA KEPUASAN SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN MAHASISWA MAGANG III JURUSAN PAI TAHUN 2016 FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA DENGAN MOTIVASI BELAJAR PAI SISWA SMP NEGERI 1 PLERET BANTUL

Ati Puji Rahayu, NIM. 11410013 (2017) KORELASI ANTARA KEPUASAN SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN MAHASISWA MAGANG III JURUSAN PAI TAHUN 2016 FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA DENGAN MOTIVASI BELAJAR PAI SISWA SMP NEGERI 1 PLERET BANTUL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (KORELASI ANTARA KEPUASAN SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN MAHASISWA MAGANG III JURUSAN PAI TAHUN 2016 FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA DENGAN MOTIVASI BELAJAR PAI SISWA SMP NEGERI 1 PLERET BANTUL)
11410013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (KORELASI ANTARA KEPUASAN SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN MAHASISWA MAGANG III JURUSAN PAI TAHUN 2016 FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA DENGAN MOTIVASI BELAJAR PAI SISWA SMP NEGERI 1 PLERET BANTUL)
11410013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

ATI PUJI RAHAYU. Korelasi antara Kepuasan Siswa terhadap Pembelajaran PAI Mahasiswa Magang III Jurusan PAI Tahun 2016 Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga dengan Motivasi Belajar PAI Siswa SMP N 1 Pleret Bantul. Skripsi. Yogyakarta : jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2017. Latar belakang masalah penelitian ini adalah motivasi merupakan hal yang sangat penting yang harus ada pada diri siswa, dengan adanya motivasi kegiatan belajar dapat berjalan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Motivasi belajar yang tinggi turut mempengaruhi respon belajar siswa terhadap proses pembelajaran. Motivasi belajar PAI siswa SMP N 1 Pleret tergolong sedang, hal ini dibuktikan dengan kurangnya antusias siswa dalam pembelajaran PAI, masih banyak siswa yang tidak memperhatikan penjelasan mahasiswa, masih banyak siswa yang tidak memanfaatkan kesempatan bertanya dll. Adapun dilihat dari pembelajaran mahasiswa magang III, masih banyak mahasiswa yang monoton dalam menjelaskan materi, tidak melibatkan siswa dalam pemanfaatan media pembelajaran, dan kurangnya kemampuan mahasiswa dalam memanage waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat motivasi siswa terhadap pembelajaran mahasiswa magang III, untuk mengetahui tingkat kepuasan siswa terhadap pembelajaran mahasiswa magang III, mengungkapkan ada tidaknya hubungan antara kepuasan siswa terhadap pembelajaran mahasiswa magang III dengan motivasi belajar PAI siswa SMP N 1 Pleret Bantul. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi, wawancara, observasi dan angket. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi analisis deskriptif dan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Tingkat motivasi belajar PAI siswa berdasarkan kategori tingkat motivasi belajar diperoleh 12,8 ≥ 12,5 + 2,5 atau X ≥ M + SD, hasil tersebut menunjukan kategori tingkat motivasi yang tinggi. 2) Tingkat kepuasan siswa terhadap pembelajaran PAI mahasiswa magang III berdasarkan kategori tingkat kepuasan siswa diperoleh hasil 121,9 ≥ 100,0 + 20,0 atau X ≥ M + SD, hasil tersebut menunjukan kategori tingkat kepuasan tinggi. 3) Korelasi antara kepuasan siswa terhadap pembelajaran PAI mahasiswa magang III dengan motivasi belajar PAI siswa yaitu diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,645 dengan p = 0,000 (p < 0,05), hal ini menunjukan bahwa ada hubungan yang positif antara kepuasan siswa terhadap pembelajaran PAI mahasiswa magang III dengan motivasi belajar PAI siswa, dan hubungan keduanya termasuk dalam kategori kuat. Kata Kunci : Motivasi, Kepuasan Siswa, dan Pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Nur Munajat, M.Si
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Kepuasan Siswa, dan Pembelajaran
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Aug 2017 07:47
Last Modified: 07 Aug 2017 07:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27010

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum