IMPLIKASI PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 TERHADAP MASA DEPAN MORALITAS BANGSA (Studi Analisis Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Kelas XI IPA SMA Negeri 3 Yogyakarta)

AHMAD ABDUL QISO, NIM: 11410028 (2017) IMPLIKASI PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 TERHADAP MASA DEPAN MORALITAS BANGSA (Studi Analisis Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Kelas XI IPA SMA Negeri 3 Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (IMPLIKASI PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 TERHADAP MASA DEPAN MORALITAS BANGSA (Studi Analisis Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Kelas XI IPA SMA Negeri 3 Yogyakarta))
11410028_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img] Text (IMPLIKASI PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 TERHADAP MASA DEPAN MORALITAS BANGSA (Studi Analisis Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Kelas XI IPA SMA Negeri 3 Yogyakarta))
11410028_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (13MB)

Abstract

AHMAD ABDUL QISO. Implikasi Pelaksanaan Kurikulum 2013 terhadap Masa Depan Moralitas Anak Bangsa (Studi Analisis Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas XI IPA SMA Negeri 3 Yogyakarta). Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2016. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pengaruh globalisasi terhadap tatanan kehidupan masyarakat sangat signifikan dan uncertain, tidak terkecuali terhadap moralitas anak bangsa. Untuk meningkatkan kesadaran moralitas anak bangsa, diperlukannya sumbangsih semua elemen bangsa, tak terkecuali lembaga pendidikan. Suatu bangsa akan abadi dan jaya bila akhlak masih ada padanya, maka kurikulum 2013 sebagai the heart of education harus mengakomodasi kenyataan sosial yang sedang terjadi, agar pendidikan yang berjalan sesuai dengan tuntutan regional dan global. Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti (BP) sebagai bagian dari Kurikulum 2013 ikut andil besar melahirkan generasi-generasi masa depan yang bermoral. Karena hakikatnya agama merupakan rambu-rambu lalu lintas yang memberikan bimbingan kepada manusia mengenai semua aspek kehidupannya dan mengantarkannya kepada akhlak yang mulia. Remaja sebagai penerus tongkat estafet perjuangan bangsa harus dijadikan obyek dan subyek utama yang harus dibina dan dibentuk moralitasnya, karena pada usia remaja seseorang sedang menjajaki masa transisi dan mencari jati dirinya, maka masih mudah untuk diarahkan. Yang jadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: bagaimana Implementasi kurikulum 2013 mata pelajaran PAI dan BP di kelas XI IPA SMA Negeri 3 Yogyakarta dan bagaimana implikasinya terhadap masa depan moralitas anak bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kurikulum 2013 dalam mata pelajaran PAI dan BP di kelas XI IPA SMA Negeri 3 Yogyakarta dan implikasinya terhadap masa depan moralitas anak bangsa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di kelas XI IPA SMA Negeri 3 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dokumentasi, dan kuisioner. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan dua modus, yaitu dengan menggunakan sumber ganda dan metode ganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Tujuan Pendidikan Agama Islam pada sekolah umum adalah “meningkatkan keimanan, pemahaman, penghayatan, dan pegalaman siswa terhadap ajaran agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang bertaqwa kepada Allah SWT. Serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara”, (2) Proses pembelajaran PAI dan BP menggunakan kurikulum 2013 secara umum sudah efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa, namun masih ada hal-hal utama yang harus diperbaiki oleh guru, misalnya manajemen waktu dan reward and punishment, (3) Proses pembelajaran PAI dan BP menggunakan kurikulum 2013 secara umum sudah efektif dalam meningkatkan moralitas siswa, namun masih ada siswa yang perluh pendampingan ekstra, agar mempunyai kesadaran akan pentingnya berprilaku baik dan benar, (4) Kurikulum 2013 memiliki perhatian khusus terhadap moralitas, dan hakikatnya PAI & BP bertujuan melahirkan generasi-generasi yang berakhlak mulia, apabila pembelajaran PAI & BP yang berbasis kurikulum 2013 ini dilaksanakan dengan baik, maka akan lahir dimasa mendatang generasi-generasi yang bermoral tinggi, (5) hambatan dalam implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran PAI dan BP masih ada sebagian siswa yang mengeluh bahwa mereka yang lebih aktif dalam pembelajaran dibandingkan guru, (6) hambatan dalam pembinaan moralitas siswa adalah belum semua guru menampilkan perilaku moral, misalnya masih banyak guru yang masbuk ketika shalat jamaah, dan guru masih sering telat masuk kelas. Kata Kunci : Kurikulum 2013, Pendidikan Agam Islam dan Budi Pekerti, Globalisasi, Moralitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Sukiman, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kurikulum 2013, Pendidikan Agam Islam dan Budi Pekerti, Globalisasi, Moralitas.
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Aug 2017 15:37
Last Modified: 07 Aug 2017 15:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27013

Actions (login required)

View Item View Item