Pendidikan Humanis Menurut Ki Hadjar Dewantara Perspektif Pendidikan Agama Islam. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam

KHAIRUN NISA, NIM. 12410014 (2017) Pendidikan Humanis Menurut Ki Hadjar Dewantara Perspektif Pendidikan Agama Islam. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN HUMANIS MENURUT KI HADJAR DEWANTARA DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
12410014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN HUMANIS MENURUT KI HADJAR DEWANTARA DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
12410014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

KHAIRUN NISA. Pendidikan Humanis Menurut Ki Hadjar Dewantara Perspektif Pendidikan Agama Islam. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2017. Penelitian ini memiliki latar belakang bahwa pendidikan di Indonesia dewasa ini kehilangan aspek-aspek humanis (manusiawi) karena berlandaskan pada paradigma dan metode yang tidak memberikan ruang kepada peserta didik untuk dapat berkembang sesuai dengan potensi yang mereka miliki, serta kehilangan nilai-nilai luhur yang menjadi pijakan terbentuknya negara ini. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan tentang pendidikan humanis menurut Ki Hadjar Dewantara (2) menganalisis pendidikan humanis Ki Hadjar Dewantara dalam perspektif Pendidikan agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library reserch) yaitu menghimpun data dengan cara menggunakan bahan-bahan tertulis seperti : buku, artikel, surat kabar, majalah dan dokumen lainnya, yang sekiranya dapat menjadi referensi bagi penelitian ini. Adapun data dalam penelitian ini menggunakan data primer yaitu data pokok yang digunakan sebagai bahan utama dalam penelitian ini dan data sekunder yaitu data penunjang yang secara tidak langsung bersinggungan dengan penelitian. Penggolahan data yang dipakai adalah metode deskriptif analitik yaitu setelah data terkumpul, maka diklasifikasikan sesuai dengan masalah yang dibahas dan dianalisis isinya (content analysis), dibandingan data yang satu dengan yang lainnya kemudian diinterpretasikan dan kemudian diberi kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan Ki Hadjar Dewantara menampilkan kekhasan kultural Indonesia dan menekankan pentingnya pengolahan potensipotensi peserta didik secara terintegratif. Pada titik itu pula, konsep pendidikannya sungguh kontekstual untuk kebutuhan generasi bangsa Indonesia. Melihat realita pendidikan Indonesia pada masa ini lebih dominasi kognitif dan jauh dari terintegratif sehingga reduktif terhadap hakikat pendidikan dan kemanusiaan. Konsep pendidikan dan pengajaran dalam hal ini pendidikan humanis telah terangkum dalam satu sistem yakni metode among yakni bersifat menuntun atau membimbing peserta didik agar dapat mengembangkan potensinya secara utuh. Beberapa nilai yang dapat diambil dari pemikiran Ki Hadjar Dewantara yang berhubungan dengan Pendidikan Agama Islam yakni nilai-nilai kemanusiaan bahwa manusia memiliki potensi untuk berkembang dan berubah. Nilai persamaan dan kesetaraan yakni proses pembelajaran seharusnya memberikan kesempatan yang sama untuk berpartisipasi dalam dunia pendidikan. Menginginkan peserta didik berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Kata kunci : Pendidikan Humanis, Ki Hadjar Dewantara, Perspektif Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Karwadi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Humanis, Ki Hadjar Dewantara, Perspektif Pendidikan Agama Islam.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Aug 2017 15:41
Last Modified: 07 Aug 2017 15:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27014

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum