HUBUNGAN ANTARA BIMBINGAN ORANG TUA DENGAN KEDISIPLINAN MELAKSANAKAN SHALAT DZUHUR BERJAMA’AH PADA SISWA KELAS VIII MTs NEGERI NGEMPLAK

Rasyid Shaleh Abdi, NIM. 11410166 (2017) HUBUNGAN ANTARA BIMBINGAN ORANG TUA DENGAN KEDISIPLINAN MELAKSANAKAN SHALAT DZUHUR BERJAMA’AH PADA SISWA KELAS VIII MTs NEGERI NGEMPLAK. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA BIMBINGAN ORANG TUA DENGAN KEDISIPLINAN MELAKSANAKAN SHALAT DZUHUR BERJAMA’AH PADA SISWA KELAS VIII MTs NEGERI NGEMPLAK)
11410166_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA BIMBINGAN ORANG TUA DENGAN KEDISIPLINAN MELAKSANAKAN SHALAT DZUHUR BERJAMA’AH PADA SISWA KELAS VIII MTs NEGERI NGEMPLAK)
11410166_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (422kB)

Abstract

Rasyid Shaleh Abdi, Hubungan Bimbingan Orang Tua Dengan Kedisiplinan Melaksanakan Shalat Dzuhur Berjama’ah Pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri Ngemplak .Yogyakarta, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan KalijagaYogyakarta. Latar belakang penelitian ini berasal dari kondisi siswa MTs Negeri Ngemplak yang sebagian siswanya belum berdisiplin dalam melaksanakan shalat dzuhur berjama’ah. Hal ini bisa dilihat dalam pelaksanaan shalat dzuhur berjama’ah disekolah dimana banyak siswa yang mencoba menghindar atau mencari kesempatan untuk tidak melaksanakan shalat berjama’ah meskipun sudah diawasi oleh guru. Yang menjadi pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah seberapa tinggi kedisiplinan siswa dalam melaksanakan shalat berjama’ah, seberapa tinggi bimbingan orang tua kepada siswa, adakah hubungan antara bimbingan orang tua dengan kedisiplinan melaksankan shalat dzuhur berjama’ah, dan berapa besar kontribusi bimbingan orang tua terhadap kedisiplinan melaksankan shalat dzuhur berjama’ah pada siswa kelas VIII MTs Negeri Ngemplak. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis kuantitatif. Pengambilan data menggunakan metode angkat , wawancara dan dokumentasi. Pemilihan sampel menggunakan teknik probability sampling dari populasi seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri Ngemplak berjumlah 167 siswa. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Metode wawancara digunakan untuk memperoleh data tentang faktor- faktor yang mempengaruhi kedisiplinan siswa, sedangkan dokumentasi digunakan untuk memperoleh informasi seputar sekolah yng terdiri dari identitas, visi dan misi, data guru, karyawan dan siswa, serta sarana dan prasarana sekolah. Hasil penelitian membuktikan (1) kedisiplinan siswa berada pada klasifikasi tinggi hal ini ditunjukkan oleh rata- rata (mean) skor angket dengan nilai 50,97 yang berada pada klasifikasi tinggi. (2) Bimbingan orang tua berada pada klasifikasi tinggi, hal ini ditunjukkan dengan rata- rata (mean) skor angket 33,44 yang masuk pada klasifikasi tinggi. (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara bimbingan orang tua dengan kedisiplinan melaksanakan shalat berjama’ah pada siswa kelas VIII MTs Negeri Ngemplak, hal ini dibuktikan dengan hasil uji korelasi product moment sebesar 0,01 (< 0,05). Korelasi yang positif menunjukan bahwa kenaikan intensitas bimbingan orang tua secara proporsional akan diikuti oleh peningkatan kedisiplinan melaksanakan shalat berjama’ah pada siswa. (4) Kontribusi bimbingan orang tua dengan disiplin melaksanakan shalat berjama’ah pada siswa kelas VIII MTs Negeri Ngemplak berada pada angka 28,9% sedangkan sisanya yaitu 71.1% dipengaruhi oleh faktor diluar bimbingan orang tua. Kata Kunci: Bimbingan Orang Tua, Kedisiplinan Shalat Dzuhur Berjama’ah, Siswa Kelas VIII (Usia Remaja)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Eva Latipah, M.Si
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Orang Tua, Kedisiplinan Shalat Dzuhur Berjama’ah, Siswa Kelas VIII (Usia Remaja)
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Aug 2017 15:41
Last Modified: 07 Aug 2017 15:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27016

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum