ANALISIS SOAL TIPE HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) DALAM SOAL UN KIMIA SMA RAYON B TAHUN 2012/2013

Lailly, Nur Rochmah and Wisudawati, Asih Widi (2015) ANALISIS SOAL TIPE HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) DALAM SOAL UN KIMIA SMA RAYON B TAHUN 2012/2013. Kaunia Jurnal Sains dan Teknologi, Vol.11 (No. 1). pp. 27-39. ISSN 2301-8550

[img]
Preview
Text (ANALISIS SOAL TIPE HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) DALAM SOAL UN KIMIA SMA RAYON B TAHUN 2012/2013)
Nur Rochmah Lailly - ANALISIS SOAL TIPE HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) DALAM SOAL UN KIMIA SMA RAYON B TAHUN 20122013.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan dari segi isi dan kontruksi, soal UN tahun 2012/2013 dilaksanakan dengan tes objektif pilihan ganda dan digunakan sebagai standar nasional. Oleh karena itu, penelitian ini melakukan analisis karakteristik soal HOTS dalam soal UN Kimia SMA Rayon B tahun 2012/2013. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik non-tes dan Focus Group Discussion (FGD). Sumber data dalam penelitian ini yaitu penulis sendiri, dua guru kimia, dan dua dosen kimia. Pengambilan keputusan sekaligus keabsahan data dilakukan dengan FGD, yaitu diskusi terfokus oleh para narasumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik soal tipe HOTS yang ada pada soal UN Kimia SMA Rayon B Tahun 2012/2013 yaitu stimulus, sedangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif belum dapat dihasilkan kesimpulan. Bentuk stimulus dan persentase masing-masing bentuk yang terdapat pada soal UN tersebut yaitu gambar/grafik/diagram sebesar 15%, tabel sebesar 15%, simbol/rumus/persamaan kimia sebesar 47,5%, contoh sebesar 22,5%, dan penggalan kasus sebesar 32,5%. Based in terms of content and construction, to the National Assesment in 2012/2013 implemented with multiple-choice objective test and is used as a national standard. Therefore, this study analyzes the characteristics of the matter to the HOTS National Assesment for High School Chemistry Rayon B years 2012-2013. Data were collected with a non-test techniques and Focus Group Discussion (FGD). Sources of data in this study are the author's own, two chemistry teachers, and two chemistry lecture. Decision-making is done once the validity of the data with the FGD, the discussion focused by the speakers. The results showed that the characteristics of the type of HOTS matter that existed at the National Assesment Rayon B High School Chemistry Year 2012/2013 the stimulus, while the ability to think critically and creatively conclusions can not be generated. Form of the stimulus and the percentage of each form contained in the UN about the pictures / graphics / charts by 15%, table 15%, the symbol / formula / chemical equation of 47.5%, 22.5% sample, and a fragment case of 32.5%

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Higher Order Thinking Skill (HOTS), stimulus, kemampuan berpikir kritis, kemampuan berpikir kreatif, soal UN Kimia, Higher Order Thinking Skill (HOTS), stimulus, critical thinking, creative thinking, the National Assesment
Subjects: Kimia
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Kimia
Divisions: Jurnal > 17. Kaunia
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 09 Aug 2017 13:13
Last Modified: 09 Aug 2017 13:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27034

Actions (login required)

View Item View Item