MUSLIM PROGRESIF” OMID SAFI DAN ISU-ISU ISLAM KONTEMPORER

Murfi, Ali and Nursyahidin, Rahmad (2015) MUSLIM PROGRESIF” OMID SAFI DAN ISU-ISU ISLAM KONTEMPORER. Pendidikan Agama Islam, Vol.12 (No. 2). pp. 229-242. ISSN 2502-2075

[img]
Preview
Text (MUSLIM PROGRESIF” OMID SAFI DAN ISU-ISU ISLAM KONTEMPORER)
Ali Murfi - “MUSLIM PROGRESIF” OMID SAFI DAN ISU-ISU ISLAM KONTEMPORER.pdf

Download (361kB) | Preview

Abstract

The research reveals about the thought of Omid Safi about Progressive Muslims from naming, agenda, attendance reasons, to focus them on the realm of Islamic thought and relate it to trends in contemporary Islam. Progressive Muslim intended as an umbrella concept for people who want an open and safe space for running a rigorous and honest engagement with tradition, and hopefully will lead to further action. There are three major agenda (mission) of Progressive Muslims, the first social justice; both gender equality; The third received a plurality. The method adopted by Omid Safi in constructing the concept of Progressive Muslims are methods Multiple Critique. Progressive Muslims in an attempt to compare with trends in contemporary Islam is indeed a lot of help affirm the distinction in each trend. However, when we conducted an analysis of eight classification proposed by Abdullah Saeed on trends in contemporary Islam, seemingly progressive Muslims more fit in the category of groups ijtihadi Progressive, which modern thinkers on religion which seeks to reinterpret religious teachings in order to answer kebutuham modern society and Saeed himself quoting Omid Safi when defining trends of this last one. Penelitian ini mengungkap tentang gagasan pemikiran Omid Safi tentang Muslim Progresif mulai dari penamaan, agenda, alasan kehadiran, hingga fokus mereka pada ranah pemikiran Islam serta mengaitkannya dengan tren-tren Islam kontemporer. Muslim Progresif dimaksudkan sebagai sebuah konsep yang memayungi bagi orang-orang yang menginginkan ruang terbuka dan aman untuk menjalankan suatu keterlibatan yang ketat dan jujur dengan tradisi, dan penuh harap akan mengantarkan kepada aksi lebih lanjut. Ada tiga agenda besar (misi) dari Muslim Progresif, pertama mewujudkan keadilan sosial; kedua mewujudkan kesetaraan gender; ketiga menerima pluralitas. Metode yang diadopsi oleh Omid Safi dalam mengkonstruksi konsep tentang Muslim Progresif adalah metode Multiple Critique. Dalam upaya membandingkan Muslim Progresif dengan tren-tren Islam kontemporer memang banyak membantu menegaskan distingsi secara masing-masing tren. Meskipun demikian, apabila kita melakukan analisis terhadap delapan klasifikasi yang diajukan oleh Abdullah Saeed tentang tren-tren Islam kontemporer, nampaknya muslim progresif lebih tepat masuk dalam kategori kelompok Ijtihadi Progresif, yaitu para pemikir modern atas agama yang berupaya menafsir ulang ajaran agama agar bisa menjawab kebutuham masyarakat modern dan Saeed sendiri mengutip tulisan Omid Safi ketika mendifinisikan tren terakhir ini.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Progressive Muslims, criticismGanda, Justice, Gender Equality, Plurality, Muslim Progresif, Kritik Ganda, Keadilan, Kesetaraan Gender, Pluralitas.
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Jurnal > 22. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Last Modified: 31 Jul 2017 11:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27063

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum