KONSEP DASAR DAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL

Hamruni, . (2015) KONSEP DASAR DAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL. Pendidikan Agama Islam, Vol.12 (No. 2). pp. 177-188. ISSN 2502-2075

[img]
Preview
Text (KONSEP DASAR DAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL)
Hamruni - KONSEP DASAR DAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview

Abstract

Learning strategies is one aspect to be prepared by teachers in performing their tasks. Learning strategy outlines a course of action in order to achieve the objectives. By implementing a strategy, teacher can act based on guidelines regarding the various alternatives that may be pursued, so that teaching and learning can take place in a systematic, purposeful, smooth and effective way. One strategy that can be developed by teacher is contextual learning. Contextual learning or also known as CTL (Contextual Teaching and learning) is a process of learning that emphasizes the involvement of students to be able to find the material studied and connect with real-life situations, thus encouraging students to be able to apply it in their lives. This article discusses the concept and implementation of learning contextual where learning is more emphasis on student activity fully, both physically and mentally, the class rather than as a place to obtain information, but rather a place to examine data from their findings in the field, learning is not just memorize, but the process experienced in real life. Strategi pembelajaran merupakan salah satu aspek yang harus dipersiapkan guru di dalam melaksanakan tugasnya. Strategi pembelajaran merupakan garis-garis besar haluan bertindak dalam rangka mencapai sasaran yang digariskan. Dengan menerapkan sebuah strategi, seorang guru mempunyai pedoman dalam bertindak yang berkenaan dengan berbagai alternatif pilihan yang mungkin dapat ditempuh, sehingga kegiatan belajar mengajar dapat berlangsung secara sistematis, terarah, lancar dan efektif. Salah satu strategi yang bisa dikembangkan guru adalah pembelajaran kontekstual. Pembelajaran kontekstual atau yang juga dikenal dengan CTL (Contextual Teaching and Learning) adalah pembelajaran yang menekankan kepada proses keterlibatan siswa untuk dapat menemukan materi yang dipelajari dan menghubungkan dengan situasi kehidupan nyata, sehingga mendorong siswa untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan mereka. Artikel ini membahas konsep dan implementasi dari pembelajaran kontekstual dimana pembelajaran lebih menekankan pada aktivitas siswa secara penuh, baik fisik maupun mental, kelas bukan sebagai tempat untuk memperoleh informasi, melainkan tempat untuk menguji data hasil temuan mereka di lapangan, belajar bukan hanya menghafal, tetapi proses mengalami dalam kehidupan nyata.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Learning strategies, Contextual learning, CTL, Strategi Pembelajaran, Pembelajaran Kontekstual, CTL.
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Jurnal > 22. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 08 Sep 2017 08:01
Last Modified: 08 Sep 2017 08:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27064

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum