FENOMENA PEMBACAAN AL-QUR' AN DALAM MASYARAKAT STUDY FENOMENOLOGIS ATAS MASYARAKAT PEDUKUHAN SRUMBUNG, KELURAHAN SEGOROYOSO, PLERET, BANTUL

MOH ALI WASIK, NIM. 9953 2900 (2005) FENOMENA PEMBACAAN AL-QUR' AN DALAM MASYARAKAT STUDY FENOMENOLOGIS ATAS MASYARAKAT PEDUKUHAN SRUMBUNG, KELURAHAN SEGOROYOSO, PLERET, BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (FENOMENA PEMBACAAN AL-QUR' AN DALAM MASYARAKAT STUDY FENOMENOLOGIS ATAS MASYARAKAT PEDUKUHAN SRUMBUNG, KELURAHAN SEGOROYOSO, PLERET, BANTUL)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (FENOMENA PEMBACAAN AL-QUR' AN DALAM MASYARAKAT STUDY FENOMENOLOGIS ATAS MASYARAKAT PEDUKUHAN SRUMBUNG, KELURAHAN SEGOROYOSO, PLERET, BANTUL)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (6MB)

Abstract

Al-Qur'an yang secara harfiah berarti "bacaan sempurna" merupakan suatu nama pilihan Allah yang sungguh tepat, karena tiada satu bacaan pun sejak manusia mengenal tulis-baca lima ribu tahun yang lalu yang dapat menandingi al-Qur'an al-Karim, bacaan sempuma lagi mulia itu. Perintah untuk membaca telah dijelaskan di dalam al-Qur'an sendiri. Para mufassir juga secara jelas menerangkan bahwa sebagai seorang muslim dianjurkan untuk membaca al-Qur'an sebagai pedoman mereka dalam hidup. Akan tetapi berbagai pendapat juga muncul tentang bagaimana seharusnya membaca al-Qur'an, sehingga terjadi berbagai keragaman dalam membaca al Qur'an tersebut. Munculnya berbagai macam bacaan al-Qur'an dalam masyarakat muslim adalah karena adanya bentuk pemahaman yang berbeda dalam masyarakat muslim itu sendiri. Penelitian ini menggunakan metode Observasi dan Interview dalam mendeskripsikan dan mengkaji adanya fenomena dan respon masyarakat Srumbung terhadap al-Qur'an, terutama dalam hal pembacaannya. Dalam memperoleh data sebanyak-banyaknya dalam Penelitian ini, peneliti menggunakan Observasi langsung dan Interview. Untuk mempertajam analisa dalam mendeskripsikan pe1masalahan, peneliti menggunakan pendekatan sosiohistoris dan fenomenologis. Melalui Observasi lansung dan Interview serta literatur sebagai penunjang, maka peneliti menemukan bahwa dalam masyarakatSrumbung memiliki respon tersendiri terkait dengan perintah membaca al-Qur'an. Meskipun respon tersebut berbeda dengan respon yang dimiliki oleh masyarakat yang telah mampu memahami al-Qur'an secara lebih mendalam (para ahli alQur'an), akan tetapi dalam masyarakat ini memiliki respon tersendiri, dengan • J berbagai model bacaan. Di antara respon masyarakat Srumbung terhadap al-Qur'an, adalah dengan adanya berbagai macam model-model bacaan al-Qur'an. Model-model bacaan yang peneliti dapatkan adalah pertama, karena adanya media yang berbeda yang didalamnya terdapat bacaan al-Qur'an, sehingga berpengaruh terhadap berbagai bentuk atau model bacaannya, kedua, terdapat bacaan yang pelan dan cepat, ketiga, terdapat ayat atau surat khusus yang dibaca ketika dalam momen-momen tertentu pula. Keempat, sedikit banyaknya hitungan dalam membaca surat atau ayat. tertentu, kelima, durasi waktu yang dibutuhkan dalam membaca al-Qur'an juga menjadi perhatian dalam penelitian ini, dan masih banyak lagi bentuk dan model bacaan al-Qur'an yang peneliti dapatkan dalam masyarakat Srumbung. Hal yang menjadi perintah Allah, yaitu perintah untuk membaca jika kita ingin paham sesuatu. Hal ini menjadikan sesuatu yang sangat penting untuk direnungkan bersama, apalagi ketika berkaitan dengan berbagai respon masyarakat terhadap perintah membaca. Respon masayarakat tersebut merupakan kekayaan yang terdapat dalam masyarakat muslim. Suatu perintah apapun akan menjadi barang yang mati ketika tidak ada yang meresponnya, begitu juga, respon hanya akan menjadi monumen ketika tidak ada yang mengkajinya .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Moh. Mansyur, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Fenomena Pembacaan Al-Qur'an, Masyarakat Pedukuhan Srumbung
Subjects: Tafsir Hadist
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Tafsir Hadist (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 31 Jul 2017 04:29
Last Modified: 31 Jul 2017 04:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27065

Actions (login required)

View Item View Item