VITALISASI SEKOLAH BERBASIS MODAL SOSIAL (Studi Kasus Penguatan Sekolah melalui Integrasi Modal Sosial dalam Kepemimpinan Sekolah di SMP Diponegoro Depok Sleman)

Suwadi, . (2015) VITALISASI SEKOLAH BERBASIS MODAL SOSIAL (Studi Kasus Penguatan Sekolah melalui Integrasi Modal Sosial dalam Kepemimpinan Sekolah di SMP Diponegoro Depok Sleman). Pendidikan Agama Islam, Vol.12 (No. 2). pp. 121-140. ISSN 2502-2075

[img]
Preview
Text (VITALISASI SEKOLAH BERBASIS MODAL SOSIAL (Studi Kasus Penguatan Sekolah melalui Integrasi Modal Sosial dalam Kepemimpinan Sekolah di SMP Diponegoro Depok Sleman))
Suwadi - VITALISASI SEKOLAH BERBASIS MODAL SOSIAL (Studi Kasus Penguatan Sekolah melalui Integrasi Modal Sosial dalam Kepemimpinan Sekolah di SMP D.pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview

Abstract

This study aims at finding the potential and the actuality of social capital in school leadership to improve the school vitality. This study was conducted by means of naturalistic qualitative approach. The setting was Diponegoro the private junior high schools in Sleman Regency. The subjects consisted of case of school established through purposive sampling techniques. The research procedure consisted of four steps by means of data collection methods in the form of observation, in-depth interviews, and document study. The data were using by inductive models, while the validity of the result met the criteria of credibility, transferability, dependability and conformability. The research findings are as follows. First,(a) the school social capital was using for improving the school vitality in the network elements, reciprocal relationship, mutual aid and trust. (b) The using of school social capital indicated the models of bridging and bonding the network elements, reciprocal relationship, mutual aid and trust. (c) The integration of social capital in school leadership could be seen from the school integrity in the academic development, human resources, funding system and the local contents. (d) The reason of utilizing the social capital was based on such values as silaturahim and syafaat in school leadership. Studi ini bertujuan untuk menjelaskan pola pemanfaatan modal sosial dalam kepemimpinan sekolah untuk peningkatan vitalitas sekolah. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif naturalistik. Lokasinya di SMP Diponegoro Depok Sleman. Subjek terdiri dari kasus yang dipilih secara purposive. Prosedur penelitian ditempuh dengan empat langkah, dengan metode penggalian data: observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan model induktif sedangkan tingkat kepercayaan hasil-hasil penelitian ditempuh dengan cara terpenuhinya kriteria kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas dan konformabilitas. Temuan penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, modal sosial sekolah telah dimanfaatkan untuk meningkatkan vitalitas sekolah dalam dimensi jejaring, relasi saling menguntungkan dan membantu, dan kepercayaan. Kedua, pendayagunaan modal sosial menunjukkan pola menjembatani dan mempererat melalui komponen jejaring, relasi saling menguntungkan dan membantu, dan kepercayaan. Ketiga, Integrasi modal sosial dalam kepemimpinan sekolah ditunjukkan oleh integritas sekolah dalam program pengembangan akademik, sumber daya manusia, sistem pendanaan dan budaya lokal. Keempat, penguatan sekolah melalui pemanfaatan modal sosial didasarkan pada nilai silaturahim dan syafaat dalam kepemimpinan sekolah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Social Capital, Network, Reciprocal, Trust, School Vitality, School Leadership, Modal Sosial, Jaringan, Relasi, Kepercayaan, Vitalitas Sekolah, Kepemimpinan Sekolah.
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Jurnal > 22. Pendidikan Agama Islam
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 08 Sep 2017 01:03
Last Modified: 08 Sep 2017 01:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27072

Actions (login required)

View Item View Item