HUBUNGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MIN KABUPATEN SLEMAN

Muflichah, Immawati (2016) HUBUNGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MIN KABUPATEN SLEMAN. Jurnal Pendidikan Madrasah, Vol. 1 (No. 1). pp. 15-28. ISSN 2527-6794

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MIN KABUPATEN SLEMAN)
Immawati Muflichah - HUBUNGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MIN KABUPATEN SLEMAN.pdf - Published Version

Download (327kB) | Preview

Abstract

This study aims to determine the relationship between interpersonal communication abilities of teachers and learning achievement students. The study used quantitative research methods conducted in MIN Sleman. The population in this study were students MIN Sleman district in academic year 2013/2014. The sampling technique used was 100 students. The technique of collecting data using questionnaires and documentation. Methods of data analysis using statistical analysis of the correlation of product moment. The results of this study shows that the achievement of jurisprudence students study subjects MIN Sleman has an average of 81.12. and there are three students who score below 75. The results of this study also indicate that learning achievement subjects of jurisprudence influenced by interpersonal communication skills of teachers. The relationship between the two variables is positive means of mutual support. The higher the interpersonal communication skills of teachers, the higher learning achievement in the subjects of jurisprudence and vice versa if the interpersonal communication skills of teachers lower the learning achievement of jurisprudence subjects will also be lower. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan Komunikasi interpersonal guru dan prestasi belajar siawa. Penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif yang dilakukan di MIN se-Kabupaten Sleman. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik MIN Kabupaten SlemanTahun Pelajaran 2013/2014. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah 100 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis statistik korelasi product moment.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prestasi belajar mata pelajaran fikih siswa MIN Sleman mempunyai rata-rata sebesar 81,12. dan terdapat tiga siswa yang mempunyai nilai dibawah 75. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa prestasi belajar mata pelajaran fikih dipengaruhi oleh kemampuan komunikasi interpersonal guru. Hubungan antara kedua variabel tersebut bersifat positif artinya saling mendukung. Semakin tinggi kemampuan komunikasi interpersonal guru maka semakin tinggi pula prestasi belajar mata pelajaran fikih demikian pula sebaliknya apabila kemampuan komunikasi interpersonal guru semakin rendah maka prestasi belajar mata pelajaran fikih juga akan semakin rendah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Interpersonal Communication, Achievement, Fiqh, Komunikasi Interpersonal, Prestasi Belajar, Fiqh
Subjects: Komunikasi Pendidikan
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Jurnal > 41. Pendidikan Madrasah
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 08 Sep 2017 08:05
Last Modified: 08 Sep 2017 08:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27076

Actions (login required)

View Item View Item