PENGGUNAAN AYAT-AYAT AL-QUR’AN SEBAGAI MEDIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA TEKS ARAB SISWA KELAS X MAN GODEAN SLEMAN YOGYAKARTA

LILI SURYANI 04420881, (2009) PENGGUNAAN AYAT-AYAT AL-QUR’AN SEBAGAI MEDIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA TEKS ARAB SISWA KELAS X MAN GODEAN SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN AYAT-AYAT AL-QUR’AN SEBAGAI MEDIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA TEKS ARAB SISWA KELAS X MAN GODEAN SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN AYAT-AYAT AL-QUR’AN SEBAGAI MEDIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA TEKS ARAB SISWA KELAS X MAN GODEAN SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan ada tidaknya peningkatan kemampuan membaca teks Arab siswa kelas X A di MAN Godean Sleman Yogyakarta tahun pelajaran 2007/2008 semester genap yang terdiri dari 21 siswa dengan menggunakan beberapa ayat al-Quran sebagai media pembelajaran sesuai dengan materi yang disampaikan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau classroom action research (CAR) yang dilaksanakan melalui dua siklus, yaitu: siklus pertama, guru menjelaskan materi dengan menjadikan ayat al-Quran sebagai media dalam bentuk permainan sehingga siswa dituntut untuk aktif dalam belajar. Dan siklus kedua, guru menyampaikan materi dan siswa mulai aktif dalam belajar, bertanya dan memberanikan diri untuk menyimpulkan materi yang disampaikan guru. Setelah dua siklus dilaksanakan terdapat peningkatan aktivitas belajar sebesar 19,05 % yaitu : dari 14,28 % menjadi 33,33 %; dan nilai rata-rata kelas pada siklus I adalah 6,45 menjadi 7,04 pada siklus II. Disamping itu juga media ayat al-Quran ini mempermudah siswa dalam membaca teks Arab, dan juga dapat dijadikan sebagai alternatif dalam memilih media pembelajaran bahasa Arab khususnya dalam belajar membaca teks Arab serta dapat dijadikan sebagai stimulan bagi peserta didik agar lebih tertarik dalam belajar bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Nurhadi, M.A
Uncontrolled Keywords: Penggunaan, Ayat, Al-Qur'an, Media, Kemampuan, Membaca, Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 04 Jan 2013 10:14
Last Modified: 03 Apr 2017 03:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2709

Actions (login required)

View Item View Item