TEKNIK FOTOGRAFI DALAM MENGKONSTRUKSIKAN GAYA HIDUP WANITA SAUDI (MAJALAH NATIONAL GEOGRAPHIC INDONESIA EDISI FEBRUARI 2016)

Ahmad Fauzi, NIM. 12210042 (2017) TEKNIK FOTOGRAFI DALAM MENGKONSTRUKSIKAN GAYA HIDUP WANITA SAUDI (MAJALAH NATIONAL GEOGRAPHIC INDONESIA EDISI FEBRUARI 2016). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TEKNIK FOTOGRAFI DALAM MENGKONSTRUKSIKAN GAYA HIDUP WANITA SAUDI (MAJALAH NATIONAL GEOGRAPHIC INDONESIA EDISI FEBRUARI 2016))
12210042_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (TEKNIK FOTOGRAFI DALAM MENGKONSTRUKSIKAN GAYA HIDUP WANITA SAUDI (MAJALAH NATIONAL GEOGRAPHIC INDONESIA EDISI FEBRUARI 2016))
12210042_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Arab Saudi merupakan negara yang memberlakukan syariat Islam yang cenderung konservatif dalam melihat perempuan. Pemberlakuan aturan-aturan tersebut berdampak kepada gaya hidup warga negaranya, tidak terkecuali kepada kaum wanita. Dengan segala aturan konservatif yang ada, wanita Saudi memiliki gaya hidup yang jauh berbeda dibanding wanita di negara lain. Perbedaan realitas gaya hidup wanita Saudi yang terdiskripsi pada beberapa literatur, terlihat ada perbedaan dengan apa yang tergambar dalam sebuah karya fotografi. Penggambaran gaya hidup terkini wanita Saudi dapat dilihat dalam karya fotografi seorang wartawan foto National Geographic, Lysney Addario. Melalui berbagai teknik fotografi yang digunakan, seorang fotografer dapat membingkai realitas agar mudah dipahami oleh khalayak. Penelitian ini menggunaan metode penelitian deskriptif kualitatif dan pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah dengan pendekatan analisis isi. Data utama dalam penelitian adalah foto- foto yang dimuat dalam artikel berjudul “Wajah Wanita Saudi Kini” pada majalah National Geographic Indonesia edisi Februari 2016. Data pendukung dari penelitian ini adalah teks artikel pada artikel terkait. Setelah tahapan-tahapan penelitian dilakukan oleh peneliti, maka peneliti dapat mengambil kesimpulan bahwa dimensi gaya hidup yang disinggung dan digambarkan oleh fotografer adalah dimensi gaya hidup activities dan interest. Karya sebuah foto jurnalistik memiliki pesan dan informasi tersendiri, tergantung keinginan seorang fotografer. Seorang fotografer dapat menyembunyikan pesan dan informasi tertentu pada sebuah foto dengan cara mengeksplor penggunaan teknik-tekni fotografi tertentu. Fotografer dapat pula menggiring opini khalayak menggunakan teknik fotografi tertentu untuk dapat sepaham dengan idealisme fotografer.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Alimatul Qibtiyah, S.Ag., M.Si., M.A., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Teknik Fotografi, Gaya Hidup, Wanita Arab Saudi.
Subjects: Gaya Hidup
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 Sep 2017 02:25
Last Modified: 14 Sep 2017 02:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27109

Actions (login required)

View Item View Item