TEKNIK EDITING DALAM MENGKONSTRUKSI CITRA MASYARAKAT MUSLIM PADA PROGRAM MUSLIM TRAVELERS EPISODE “CAHAYA ISLAM DI YAMANASHI, JEPANG”

Ade Suherman, NIM. 12210059 (2017) TEKNIK EDITING DALAM MENGKONSTRUKSI CITRA MASYARAKAT MUSLIM PADA PROGRAM MUSLIM TRAVELERS EPISODE “CAHAYA ISLAM DI YAMANASHI, JEPANG”. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TEKNIK EDITING DALAM MENGKONSTRUKSI CITRA MASYARAKAT MUSLIM PADA PROGRAM MUSLIM TRAVELERS EPISODE “CAHAYA ISLAM DI YAMANASHI, JEPANG”)
12210059_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (20MB) | Preview
[img] Text (TEKNIK EDITING DALAM MENGKONSTRUKSI CITRA MASYARAKAT MUSLIM PADA PROGRAM MUSLIM TRAVELERS EPISODE “CAHAYA ISLAM DI YAMANASHI, JEPANG”)
12210059_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Ade Suherman. 12210059. 2017. Skripsi: Teknik Editing dalam mengkonstruksi citra masyarakat Muslim pada program Muslim Travelers episode “Cahaya Islam di Yamanashi, Jepang”. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017. Latar belakang masalah ini muncul dari ketertarikan penulis tentang teknik editing dalam pembuatan produk audio visual. Peranan ini sangatlah penting dalam tersajinya suatu karya audio visual yang baik. Dalam tahapan ini penyusunan cerita (dikonstruksi) berupa audio visual dibuat dalam pengabungan beberapa shot, sehingga dapat dipahami dan dimengerti serta disukai oleh penonton. Dalam penelitian ini penulis mengambil rumusan tentang Bagaimana teknik editing dalam menkonstruksi ( dalam penyusunan cerita) berupa audio visual pada program Muslim travelers sehingga dapat mencitrakan gambaran masyarakat Muslim di Yamanashi Jepang. Tujuannya adalah untuk mengetahui seberapa besar peran teknik editing dalam membangun citra masyarakat muslim pada episode tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif dengan analisis bahan visual. Data akan tersaji dalam bentuk tabel berisi visual beberapa scene dan teknik editing yang dipakai dalam episode tersebut. Hasil dari penelitian Teknik editing dalam menkonstruksi citra masyarakat muslim pada program Muslim Travelers episode “Cahaya Islam di Yamanashi, Jepang”. Peneliti menemukan bahwa teknik editing sangat berpengaruh dalam mengkonstruksi kesan dalam sebuah scene atau adegan. Trasnsisi cut (jump cut, cut away dan cut in) mendominasi penyambungan cerita pada setiap scene, sementara trasisi lainnya hanya berperan sebagai penutup atau pembuka sebuah cerita. Selanjutnya type edit lebih bervariasi penggunaannya, namun lebih condong pada action edit dan screen direction edit dalam membungkus sebuah adegan atau scene. Dan untuk type shot penggunaan medium shot adalah ukuran frame yang paling ideal menangkap gambaran sosial masyarakat muslim di Jepang dalam video ini. Adapun citra masyarakat Muslim di Yamanashi Jepang pada video tersebut terkonstruksi dalam beberapa scene, citra tersebut antara lain adalah 1. Citra teguh pendirian (menjalankan ibadah & syariat islam) 2. Citra guyub rukun (persaudaraan) 3. Citra jiwa sosial (persaudaraan) 4. Citra semangat memperjuangkan islam (musyawarah).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Khadiq, S.Ag, M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Teknik editing, Film, Citra
Subjects: Gaya Hidup
Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 Sep 2017 02:26
Last Modified: 14 Sep 2017 02:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27111

Actions (login required)

View Item View Item