MOTIVASI ORANG TUA MENYEKOLAHKAN ANAKNYA DI SMP ISLAM TERPADU MASJID SYUHADA YOGYAKARTA (STUDI KASUS PENGEMBANGAN MULTIPLE INTELLIGENCES SISWA)

Ahmad Nur Rizal Alfi, NIM. 12410022 (2017) MOTIVASI ORANG TUA MENYEKOLAHKAN ANAKNYA DI SMP ISLAM TERPADU MASJID SYUHADA YOGYAKARTA (STUDI KASUS PENGEMBANGAN MULTIPLE INTELLIGENCES SISWA). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (MOTIVASI ORANG TUA MENYEKOLAHKAN ANAKNYA DI SMP ISLAM TERPADU MASJID SYUHADA YOGYAKARTA (STUDI KASUS PENGEMBANGAN MULTIPLE INTELLIGENCES SISWA))
12410022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (27MB) | Preview
[img] Text (MOTIVASI ORANG TUA MENYEKOLAHKAN ANAKNYA DI SMP ISLAM TERPADU MASJID SYUHADA YOGYAKARTA (STUDI KASUS PENGEMBANGAN MULTIPLE INTELLIGENCES SISWA))
12410022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa selain sekolah dan pendidik, orang tua/keluarga memiliki peran penting dalam mengembangkan potensi anak. Pada kenyataan yang ada, potensi anak bukan menjadi motivasi utama dalam memilih sekolah. Beberapa dari mereka memilihkan sekolah sesuai trend yang berkembang di kalangan mereka (kelas sosial), namun juga tidak sedikit yang masih memperhitungkan segi kualitas sekolah itu sendiri. Tidak banyak juga yang memilih sekolah karena tidak diterima di sekolah favorit negeri, sehingga mereka memilih sekolah swasta. Menganggap anaknya tidak pintar sehingga kalah bersaing dengan anak-anak yang diterima di sekolah negeri favorit. Padahal setiap anak memiliki potensi masing-masing dan di bidangnya masing-masing pula. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan ekstrakurikuler sekolah dalam mengembangkan multiple intelligences siswa dan menetahui motivasi orang tua menyekolahkan anaknya di SMP IT Masjid Syuhada Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar SMP IT Masjid Syuhada Yogyakarta. Subyek penelitian adalah sebagian orang tua/wali siswa kelas VII dan VIII. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi untuk mengetahui motivasi orang tua menyekolahkan anaknya di SMP IT Masjid Syuhada dan perkembangan potensi anak. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kegiatan pengembangan Multiple Intelligences di SMP IT Masjid Syuhada meliputi Pramuka, Nasyid Acapella, Nasyid Rebana, Murattal Putra dan Putri, Qira’ah, Kaligrafi, Robotika, Karya Ilmiah Remaja (KIR), Arabic Club, English Club, Bulan Sabit Merah Remaja (BSMR), Futsal, Pencak Silat, Basket dan Tonti. (2) Motivasi orang tua menyekolahkan anaknya di SMP IT Masjid Syuhada meliputi motivasi intrinsik dan ekstrinsik. Motivasi intrinsik: agar anaknya memiliki kualitas akademik yang bagus dan berpengetahuan Islam. Motivasi ekstrinsik meliputi faktor pendidik, pengembangan potensi siswa ditinjau dari segi intrakurikuler dan ekstrakurikuler guna mengembangkan potensi dan bakat yang dimiliki siswa, serta kurangnya pengetahuan dan pemahaman orang tua siswa mengenai Multiple Intelligences sehingga orang tua/wali belum dapat memenuhi kebutuhan dan memfasilitasi berkembangnya potensi anak. Kata kunci: Motivasi Orang Tua, Pengembangan Multiple Intelligences

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. H. Sarjono, M.Si
Uncontrolled Keywords: Motivasi Orang Tua, Pengembangan Multiple Intelligences
Subjects: Psikologi > Motivasi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Aug 2017 09:24
Last Modified: 01 Aug 2017 09:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27112

Actions (login required)

View Item View Item