IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS X SMK TRISULA 1 SLEMAN

Tulus Tri Nugroho, NIM. 12410030 (2017) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS X SMK TRISULA 1 SLEMAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS X SMK TRISULA 1 SLEMAN)
12410030_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS X SMK TRISULA 1 SLEMAN)
12410030_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

TULUS TRI NUGROHO, Implementasi Model Pembelajaran MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review) Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Materi Pendidikan Agama Islam Kelas X SMK Trisula 1 Sleman. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2017. Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa guru dalam melakukan pembelajaran belum sepenuhnya menerapkan model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan cara belajar siswa. Hal ini memunculkan permasalahan ketika guru menerapkan model pembelajaran yang monoton dan tidak ada kesesuaian dengan gaya belajar siswanya, maka proses pembelajaran kurang menarik minat belajar siswa sehingga siswa susah dalam memahami materi yang diajarkan.Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: bagaimana Implementasi model pembelajaran MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review) dalam meningkatkan kemampuan pemahaman materi PAI siswa kelas X SMK Trisula 1 Sleman, apakah implementasi model pembelajaran MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review) dapat meningkatkan kemampuan pemahaman materi PAI siswa kelas X SMK Trisula 1 Sleman. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas X smk Trisula 1 Sleman. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk melengkapi data yang diungkap. Sedangkan untuk memperoleh keabsahan data, penulis menggunakan teknis analisis triangulasi. Triangulasi sumber digunakan untuk menguji kredibilitas data yang dilakukan dengan cara mengecek data yang diperoleh melalui beberapa sumber. Hasil dari penelitian menunjukkan: 1) Implementasi model pembelajaran MURDER pada siswa kelas X SMK Trisula 1 Sleman, pada kegiatan awal menerapkan aspek Mood (Perasaan), pada kegiatan inti diterapkan aspek Understand (Pemahaman), Digest (Penelaahan), dan Expand (Pengembangan), pada kegiatan akhir diterapkan aspek Recall (Pengulangan) dan Review (Pelajari Kembali). Penerapan model pembelajaran MURDER pada guru PAI berada pada kategori baik. 2) Model pembelajaran MURDER dapat meningkatkan kemampuan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran PAI. Hal ini terlihat dengan adanya peningkatan nilai pada setiap aspek-aspek pemahaman siswa, yaitu aspek translasi nilai rata-rata pada siklus 1 dan siklus II adalah 3, sedangkan pada siklus III adalah 4 atau meningkat 1 dari siklus I dan siklus II. Pada aspek interpretasi rata-rata kemampuan pemahaman siswa pada siklus I adalah 2, pada siklus II meningkat menjadi 3 kemudian meningkat lagi pada siklus III menjadi 4. Begitu juga pada aspek ekstrapolasi nilai rata-rata pemahaman siswa mengalami peningkatan 1 nilai, yang semula nilainya 3 pada siklus I dan II menjadi 4 pada siklus III. Kata kunci: model pembelajaran MURDER, kualitatif, pemahaman

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Sarjono, M.Si.
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran MURDER, kualitatif, pemahaman
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Aug 2017 09:41
Last Modified: 01 Aug 2017 09:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27114

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum