STRATEGI KREATIF PRODUSER DALAM MEMPERTAHANKAN PROGRAM ACARA RELIGI (Studi Terhadap Program Acara Hafiz Indonesia Di RCTI)

Almaratus Sholihah, NIM. 12210100 (2017) STRATEGI KREATIF PRODUSER DALAM MEMPERTAHANKAN PROGRAM ACARA RELIGI (Studi Terhadap Program Acara Hafiz Indonesia Di RCTI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI KREATIF PRODUSER DALAM MEMPERTAHANKAN PROGRAM ACARA RELIGI (Studi Terhadap Program Acara Hafiz Indonesia Di RCTI))
12210100_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI KREATIF PRODUSER DALAM MEMPERTAHANKAN PROGRAM ACARA RELIGI (Studi Terhadap Program Acara Hafiz Indonesia Di RCTI))
12210100_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Almaratus Sholihah (12210100). Strategi Kreatif Produser Dalam Mempertahankan Program Acara Religi (Studi Terhadap Program Acara Hafiz Indonesia di RCTI). Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam. Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Tahun 2017. Ajang pencarian bakat penghafal Al-Qur’an jarang ditayangkan oleh stasiun televisi Indonesia dikarenakan penonton program acara ini terbilang sedikit. Chanel televisi RCTI menayangkan program pencarian bakat Hafiz Indonesia kategori anak-anak dan berhasil menarik perhatian penonton televisi. Hal ini terbukti dari rating dan share yang cukup tinggi untuk program acara Hafiz Indonesia selama bulan Ramadhan. Penelitian ini ingin melihat bagaimana strategi produser program acara tersebut dalam mempertahankan eksistensi program di RCTI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan teori milik Febe Chen yang membahas tentang menjadi pribadi kreatif dan orisinil. Teknik pengunpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara langsung terhadap produser Hafiz Indonesia, serta mengumpulkan data-data berupa dokumen yang ada dari tim Hafiz Indonesia. Setelah itu dilakukan proses analisis data yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa strategi produser Hafiz Indonesia dalam mempertahankan eksistensi program acara Hafiz Indonesia adalah dengan menampilkan sesuatu yang berbeda setiap tahunnya, seperti menaikkan jumlah hafalan bagi pesertsa dari minimal 1 juz Al-Qur’an menjadi 5 juz Al-Qur’an, menghadirkan inspirator penghafal Al-Qur’an dari Tajekistan, Mesir dan para Gubernur Indonesia yang merupakan seorang hafiz, serta memperbaharui gimmick berupa games seperti peta Al-Qur’an, sambung ayat dan estafet random.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Akhmad Rifa’i, M.Phil
Uncontrolled Keywords: Srategi Kreatif, Hafiz Indonesia, Menjadi Pribadi Kreatif
Subjects: Penyiaran Islam
Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 15 Sep 2017 08:36
Last Modified: 15 Sep 2017 09:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27115

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum