KONSEP KEPRIBADIAN GURU MENURUT KITAB AT-TARBIYATU WA AT-TA’LIMU KARYA MAHMUD YUNUS DAN QOSIM BAKRI DAN RELEVANSINYA DENGAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Khoerul Azam, NIM 12410062 (2017) KONSEP KEPRIBADIAN GURU MENURUT KITAB AT-TARBIYATU WA AT-TA’LIMU KARYA MAHMUD YUNUS DAN QOSIM BAKRI DAN RELEVANSINYA DENGAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (KONSEP KEPRIBADIAN GURU MENURUT KITAB AT-TARBIYATU WA AT-TA’LIMU KARYA MAHMUD YUNUS DAN QOSIM BAKRI DAN RELEVANSINYA DENGAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
12410062_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (KONSEP KEPRIBADIAN GURU MENURUT KITAB AT-TARBIYATU WA AT-TA’LIMU KARYA MAHMUD YUNUS DAN QOSIM BAKRI DAN RELEVANSINYA DENGAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
12410062_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Khoerul Azam. Konsep Kepribadian Guru Menurut Kitab At-Tarbiyatu wa At-Ta’limu Karya Mahmud Yunus dan Qosim Bakri dan Relevansinya dengan Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam, 2017. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena-fenomena yang muncul di berbagai media, tentang guru yang mencubit murid, guru yang bercerai, guru yang melakukan demo, guru yang mencabuli murid, guru yang pemarah, dan yang lainnya. Guru seharusnya menjadi contoh bagi peserta didik. Namun kenyataannya masih banyak guru yang justru belum bisa dijadikan suri tauladan yang baik. Menjadi guru merupakan sebuah pilihan, dimana seorang guru harus mengabdikan diri sepenuh hati melakukan pendidikan. Guru bukanlah matapencaharian. Guru harus memberikan contoh kepribadian yang baik, terlebih jika seorang guru agama. Oleh karena itu perlu sekali membahas tentang konsep kepribadian guru menurut kitab At-Tarbiyatu wa At-Ta’limu karya Mahmud Yunus dan Qosim Bakri dan relevansinya dengan kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam. Yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini: bagaimana konsep kerpibadian guru menurut kitab At-Tarbiyatu wa At-Ta’lim dan beagaimana relevansinya dengan kompetensi kepribadian guru pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan mengetahui konsep kepribadian guru yang dijelaskan dalam kitab At-Tarbiyatu wa At-Ta’limu dan mengetahui relevansinya dengan kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) kategori kualitatif, dengan sumber data primer berupa kitab At-Tarbiyatu wa At-Ta’limu karya Mahmud Yunus dan Qosim Bakri. Pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan terhadap sumber data baik primer dan sekunder, berupa buku-buku, artikel, dan karya ilmiah yang berkaitan dengan penelitian (dokumentasi). Metode analisis data dengan metode deskriptif analisis, dimana bahan-bahan yang terkumpul diuraikan, ditafsirkan dibandingkan persamaan dan perbedaannya dengan fenomena tertentu yang diambil bentuk kesamaannya, serta menarik kesimpulan, dan juga metode komparatif untuk menemukan relevansi. Adapun pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan sejarah, mengkaji data-data masa lalu mengenai tokoh dan naskah/buku. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa seorang guru yang ideal menurut kitab At-Tarbiyatu wa At-Ta’limu memiliki enam kepribadian: penyayang dan bersahabat, sabar, disiplin dan sungguh-sungguh, bersuara tegas dan jelas, teliti, bertubuh sehat, bersih dan jauh dari berbagai penyakit menular. Ke enam kepribadian tersebut relevan dengan kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam, sesuai dengan kompetensi keperibadian guru yang di atur dalam undang-undang nomor 14 tahun 2005 yakni, akhlak mulia, menjadi teladan, menjunjung tinggi kode etik guru, berwibawa, dewasa, mantap. Guru Pendidikan Agama Islam idealnya memiliki kepribadian seperti yang dijelaskan dalam kitab At-Tarbiyatu wa At-Ta’limu. Kata Kunci: Kepribadian Guru, Relevansi, Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. H. Tasman Hamami, M. A
Uncontrolled Keywords: Kepribadian Guru, Relevansi, Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam.
Subjects: Psikologi > Motivasi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Aug 2017 09:44
Last Modified: 01 Aug 2017 09:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27117

Actions (login required)

View Item View Item