PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DAN RELIGIUSITAS ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN MORAL SISWA KELAS VII MTs NEGERI WONOSOBO

Umu Fadhilah, NIM. 12410147 (2017) PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DAN RELIGIUSITAS ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN MORAL SISWA KELAS VII MTs NEGERI WONOSOBO. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DAN RELIGIUSITAS ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN MORAL SISWA KELAS VII MTs NEGERI WONOSOBO)
12410147_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DAN RELIGIUSITAS ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN MORAL SISWA KELAS VII MTs NEGERI WONOSOBO)
12410147_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan moral merupakan proses perjalanan tingkah laku manusia yang sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang ada dalam masyarakat. Moral dalam masyarakat kaitannya adalah tentang akhlak. Seseorang dikatakan bermoral jika tingkah lakunya sesuai dengan aturan yang berlaku di masyarakat itu sendiri. Sedangkan dalam proses perkembangannya, moral dipengaruhi oleh berbagai faktor, antara lain adalah faktor kognitif seseorang. Selain itu orang tua ataupun linkungan tentunya juga memiliki peran dalam membentuk moral seseorang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif, dengan lokasi penelitian di MTs Negeri Wonosobo. Metode pengumpulan data diperoleh dari angket, dokumentasi dan wawancara. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Negeri Wonosobo dengan sampel penelitian sebanyak 105 siswa dan wali siswa. Analisis uji instrumen yaitu dengan uji validitas, reliabilitas, normalitas dan homogenitas. Dan untuk analisis data dengan menggunakan teknik analisis anova dua arah atau Two Way Anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) siswa kelas VII MTs Negeri Wonosobo didominasi oleh siswa dengan latar belakang pendidikan Sekolah Dasar (SD) dengan prosentase 89% sedangkan 11% siswa berlatar belakang pendidikan Madrash Ibtidaiyah (MI). 2) Religiusitas orang tua siswa kelas VII masih pada tingkat religiusitas sedang dengan mean sebesar 68,12, dan prosentase 66%. 3) Perkembangan moral siswa kelas VII MTs Negeri Wonosobo masih pada tingkat sedang dengan mean sebesar 20,54 dan prosentase 63%. (3) Hasil analisis menggunakan anova dua jalur menunjukkan nilai probabilitas untuk kelompok Religiusitas adalah 0,084 Sedangkan nilai probabilitas untuk kelompok Latar belakang pendidikan sebesar 0,117 yang berarti bahwa perkembangan moral siswa dengan tingkat religiusitas orang tua yang berbeda-beda (tinggi, rendah, dan sedang) dan perkembangan moral siswa dengan latar belakang pendidikan yang berbeda (SD/MI) tidak menunjukkan perbedaan atau tidak menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan. Nilai probabilitas berdasarkan religiusitas orang tua dan latar belakang pendidikan atau interaksi antar variabel adalah sebesar 0,598. Maka dapat diartikan bahwa antar variabel Religiusitas orang tua dan latar belakang pendidikan tidak menunjukkan adanya interaksi. Kata Kunci: Perkembangan moral, Pendidikan, Religiusitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Sukiman, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Perkembangan moral, Pendidikan, Religiusitas.
Subjects: Akhlak - Etika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Aug 2017 09:54
Last Modified: 01 Aug 2017 09:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27121

Actions (login required)

View Item View Item