KEMUSLIMAN SOEKARNO DALAM WACANA MEDIA (Analisis Wacana Model Theo Van Leeuwen dalam Majalah Intisari Edisi Khusus Agustus 2015)

Siti Umaiyah, NIM. 13210045 (2017) KEMUSLIMAN SOEKARNO DALAM WACANA MEDIA (Analisis Wacana Model Theo Van Leeuwen dalam Majalah Intisari Edisi Khusus Agustus 2015). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEMUSLIMAN SOEKARNO DALAM WACANA MEDIA (Analisis Wacana Model Theo Van Leeuwen dalam Majalah Intisari Edisi Khusus Agustus 2015))
13210045_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KEMUSLIMAN SOEKARNO DALAM WACANA MEDIA (Analisis Wacana Model Theo Van Leeuwen dalam Majalah Intisari Edisi Khusus Agustus 2015))
13210045_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (800kB)

Abstract

Soekarno merupakan bapak Proklamator sekaligus Presiden pertama Indonesia. Selain itu, Soekarno juga merupakan salah satu bagian dari umat Islam yang memiliki jasa besar sebelum dan sesudah kemerdekaan Indonesia. Perhatian yang besar diberikan Soekarno untuk kemajuan dunia Islam. Akan tetapi, tidak banyak yang mengenal sosok Soekarno sebagai seorang tokoh muslim. Berkenaan dengan sosok Soekarno, sebagai hadiah peringatan 70 tahun kemerdekaan Indonesia, pada bulan Agustus 2015 Majalah Intisari mengeluarkan pemberitaan khusus yang membahas mengenai tokoh Soekarno. Pemilihan tokoh Soekarno sebagai objek pemberitaan bukanlah tanpa sebab, ada hal yang ingin ditunjukan dan ditonjolkan oleh Majalah Intisari. Tujuan dari penelitian ini adalah, untuk menjelaskan teks yang ditampilkan Majalah Intisari dengan menggunakan strategi wacana eksklusi dan inklusi yang dicetuskan oleh Theo Van Leeuwen, yang memfokuskan kepada wacana kemusliman Soekarno dalam sebuah majalah. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif. Sedangkan analisis yang digunakan adalah analisis wacana model Theo Van Leeuwen, dengan titik perhatian mengenai bagaimana suatu aktor dikeluarkan atau disamarkan dalam suatu teks pemberitaan media. Wacana yang ditampilkankan Majalah Intisari tidak terlepas dari visi misi serta ideologi yang dimilikinya. Sehingga dalam pengangkatan tokoh Soekarno, Majalah Intisari cenderung menonjolkan wacana umum, dan menyamarkan mengenai sisi kemusliman Soekarno. Hal tersebut membuat akses pembaca untuk mengetahui lebih jauh tentang kemusliman Soekarno menjadi terbatas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Khadiq, S.Ag., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Majalah, Kemusliman Soekarno, Eksklusi-Inklusi.
Subjects: Magazine
Sosiologi Agama
Studi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 Sep 2017 02:26
Last Modified: 14 Sep 2017 02:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27122

Actions (login required)

View Item View Item