PERAN PEMERINTAH KABUPATEN GUNUNGKIDUL DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGEMBANGAN DESA WISATA NGLANGGERAN (Studi di Desa Wisata Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul)

Ashari Dwi Laksono, NIM. 10230002 (2015) PERAN PEMERINTAH KABUPATEN GUNUNGKIDUL DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGEMBANGAN DESA WISATA NGLANGGERAN (Studi di Desa Wisata Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN PEMERINTAH KABUPATEN GUNUNGKIDUL DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGEMBANGAN DESA WISATA NGLANGGERAN (Studi di Desa Wisata Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul))
10230002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PERAN PEMERINTAH KABUPATEN GUNUNGKIDUL DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGEMBANGAN DESA WISATA NGLANGGERAN (Studi di Desa Wisata Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul))
10230002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

ASHARI DWI LAKSONO. Peran Pemerintah Kabupaten Gunungkidul Dalam Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Desa Wisata Nglanggeran di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, DIY. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Pemerintah Kabupaten Gunungkidul dalam melakukan kegiatan pemberdayaan masyarkat melalui pengembangan Desa Wisata Nglanggeran, yang pembahasannya meliputi: peran Pemerintah Gunungkidul dalam pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan Desa Wisata Nglanggeran. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (Field research) yang bersifat deskriptif kualitatif dengan mengambil latar di Desa Wisata Nglanggeran. Untuk pengumpulan datanya dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Peran Pemerintah Gunungkidul dalam pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan Desa Wisata Nglanggeran secara garis besar berjalan dengan baik, sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Gunungkidul No 5 Tahun 2013 Tentang Penyelenggaraan Kepariwisataan. Ada berbagai macam kegiatan pemberdayaan masyarakat yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Gunungkidul di Desa Wisata Nglanggeran, diantaranya adalah: pemberian modal, pendampingan, bantuan sarana prasana, promosi wisata, dan pembinaan. Dampak adanya pemberdayaan masyarakat yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Gunungkidul melalaui pengembangan Desa Wisata Nglanggeran terhadap masyarakat adalah : 1) Dampak sosial,yaitu peningkatan sumber daya manusia seperti pengetahuan dan ketrampilan masyarakat; 2) Dampak Budaya, yaitu pelestarian budaya yang dilakukan masyarakat; 3) Dampak Ekonomi,yaitu peningkatan ekonomi masyarakat dan penciptaan lapangan pekerjaan baru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Hj. Sriharini,S.Ag, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Peran pemerintah kabupaten, pemberdayaan masyarakat, pengembangan desa wisata
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Pemberdayaan Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 19 Sep 2017 07:47
Last Modified: 19 Sep 2017 07:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27137

Actions (login required)

View Item View Item