PEMBER DAYAAN IBU RUMAH TANGGA MELALUI TANAMAN ORGANIK DENGAN MENGGUNAKAN POLYBAG Studi pada Kelompok Wanita Tani (KWT) Az Zahra di Desa Rakit Kabupaten Banjarnegara

Siti Mukharomah, NIM. 12230023 (2017) PEMBER DAYAAN IBU RUMAH TANGGA MELALUI TANAMAN ORGANIK DENGAN MENGGUNAKAN POLYBAG Studi pada Kelompok Wanita Tani (KWT) Az Zahra di Desa Rakit Kabupaten Banjarnegara. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBER DAYAAN IBU RUMAH TANGGA MELALUI TANAMAN ORGANIK DENGAN MENGGUNAKAN POLYBAG Studi pada Kelompok Wanita Tani (KWT) Az Zahra di Desa Rakit Kabupaten Banjarnegara)
12230023_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PEMBER DAYAAN IBU RUMAH TANGGA MELALUI TANAMAN ORGANIK DENGAN MENGGUNAKAN POLYBAG Studi pada Kelompok Wanita Tani (KWT) Az Zahra di Desa Rakit Kabupaten Banjarnegara)
12230023_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Siti Mukharomah, 12230023 Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga Melalui Tanaman Organik Dengan Menggunakan Polybag: Studi pada Kelompok Wanita Tani (KWT) Az Zahra di Desa Rakit Kabupaten Banjarnegara. Pembimbing Siti Aminah, S,SOS.I,M.SI. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga, 2017. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui mengenai proses pemberdayaan ibu rumah tangga melalui program tanaman tomat, sawi, bayam organik dengan menggunakan polybag pada Kelompok Wanita Tani (KWT) Az Zahra di Desa Rakit Kabupaten Banjarnegara dalam meningktakan perekonomian mereka. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif, yaitu penetitiannya dengan menggunakan penelitian kualitatif. Subyek penelitian adalah pemberdayaan Kelompok Wanita Tani(KWT) Az Zahra Rt 05 Rw 01 Desa Rakit Kecamatan Rakit Kabupaten Banjarnegara yang terdiri dari 30 orang ibu rumah tangga. Obyek dalam penelitian ini adalah mengenai proses pemberdayaan ibu rumah tangga kaitannya dengan faktor pendukung dan penghambat serta dampak atau hasil yang dicapai melalui program tanaman tomat, sawi, bayam organik dengan menggunakan polybag. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi dengan membandingkan data hasil pengamatan dengan data hasil wawancara, dan membandingkan hasil wawancara dengan isi suatu dokumen yang berkaitan. Hasil dari penelitian Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani (KWT) Az Zahra merupakan program yang dilaksankan oleh Dinas Pertanian sebagai penyelenggara. Adapun kegiatan yang dilakukan meliputi pembinaan, bimbingan, sosialisasi, pelatihan dan bantuan pemasaran. Pemberdayaan berfokus pada tanaman organik seperti sawi, bayam, tomat dengan menggunakan polybag yang menhasilkanl produksi camilan sehat. Adapun hasil produksi organik seperti bayam dan sawi dijadikan camilan seperti stik dan olahan panganan lainnya. Produk olahan pangan yang dihasilkan kemudian dipasarkan melalui toko retail sebagai reseler, melalui acara bazar dan pesanan pada saat acara tasyakuran, gathering, acara pernikahan dan sunatan maupun acara lainnya yang sifatnya mengenalkan produksi mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Siti Aminah, S.Sos.I.,M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan, Kelompok Wanita Tani (KWT),
Subjects: Biologi
Pemberdayaan Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 25 Sep 2017 09:59
Last Modified: 25 Sep 2017 09:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27141

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum