Peran Fasilitator Cahaya Natural Farming (CNF) dalam Mewujudkan Pertanian Ramah Lingkungan di Dusun Bulus Lor Pakem, Sleman, Yogyakarta

Rury Noviani, NIM. 13230001 (2017) Peran Fasilitator Cahaya Natural Farming (CNF) dalam Mewujudkan Pertanian Ramah Lingkungan di Dusun Bulus Lor Pakem, Sleman, Yogyakarta. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Peran Fasilitator Cahaya Natural Farming (CNF) dalam Mewujudkan Pertanian Ramah Lingkungan di Dusun Bulus Lor Pakem, Sleman, Yogyakarta)
13230001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (Peran Fasilitator Cahaya Natural Farming (CNF) dalam Mewujudkan Pertanian Ramah Lingkungan di Dusun Bulus Lor Pakem, Sleman, Yogyakarta)
13230001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Rury Noviani, Peran Fasilitator Cahaya Natural Farming (CNF) dalam Mewujudkan Pertanian Ramah Lingkungan di Dusun Bulus Lor, Pakem, Sleman, Yogyakarta, Skripsi, Yogyakarta: Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Peran fasilitator pengembang masyarakat dalam mewujudkan pertanian ramah lingkungan pada masyarakat petani dengan menggunakan nutrisi hayati berbahan alami ini harus didukung guna menciptakan suatu pengembangan dan perubahan pada pertanian yang lebih ramah pada lingkungaan. Adapun dengan itu perlu adanya peran fasilitator maupun pengembang masyarakat untuk membuat kelompok ataupun komunitas yang dimana peran mereka dapat menjadikan dirinya mampu memberikan ilmu maupun mengajarkan secara langsung ilmu dalam pengaplikasiannya mengenai pertanian alami yang dapat bermanfaat bagi masyarakat petani untuk mengubah pertaniannya dari menggunakan kimia kembali pada pertanian alami. Salah satunya ialah dengan adanya fasilitator Cahaya Natural Farming (CNF) merupakan komunitas yang beranggotakan lima orang namun satu diantaranya saja yang aktif menyebarkan ilmu pertanian alami ini pada masyarakat petani. Oleh karena itu dibutuhkan peran fasilitator dalam mewujudkan pertanian ramah lingkungan yang salah satunya dilakukan oleh fasilitator Cahaya Natural Farming (CNF) ini di Dusun Bulus Lor, Pakem, Sleman, Yogyakarta. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana tugas dan fungsi, strategi yang digunakan, serta hasil yang dicapai dari fasilitator Cahaya Natural Farming (CNF) dalam mewujudkan pertanian ramah lingkungan. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik penentuan informan menggunakan teknik sampling berdasarkan kriteria, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari semua data akan dilihat validitas datanya dan dianalisis melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran fasilitator Cahaya natural Farming (CNF) dalam mewujudkan pertanian ramah lingkungan di Dusun Bulus Lor ini dapat dililihat dari tugas dan fungsi dengan tugas yang dilakukan ialah memberikan ilmu pada petani dan mengembangkan partisipasi petani yang meliputi partisipasi dalam pembelajaran dan partisipasi pembuatan pupuk dan nutrisi hayati, sedangkan fungsi meliputi fungsi memfasilitasi sebagai pelatih, fungsi mendidik sebagai narasumber, fungsi membuka jaringan sebagai mediator dan fungsi teknis sebagai penggerak. Strategi yang digunakan ialah melalui praktik dan pelatihan, serta mengubah pola pikir masyarakat petani dalam cara bertani organik yang ramah lingkungan. Sedangkan hasil yang diperoleh fasilitator CNF dalam mewujudkan pertanian ramah lingkungan yaitu meliputi adanya kesadaran petani, petani dapat mandiri pupuk dan benih, serta hasil pertanian yang meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Siti Aminah, M.Si
Uncontrolled Keywords: Peran Fasilitator, Mewujudkan Pertanian Ramah Lingkungan.
Subjects: Biologi
Kesejahteraan Sosial
Penelitian - Metode
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 25 Sep 2017 03:04
Last Modified: 25 Sep 2017 03:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27142

Actions (login required)

View Item View Item