STRATEGI PENGEMBANGAN KUBE DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN KELOMPOK MISKIN: STUDI PADA KELOMPOK DOMBA KUNCARA TEGAL BALONG KIDUL SLEMAN YOGYAKARTA

Rofiatun Nikmah, NIM. 13230044 (2017) STRATEGI PENGEMBANGAN KUBE DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN KELOMPOK MISKIN: STUDI PADA KELOMPOK DOMBA KUNCARA TEGAL BALONG KIDUL SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PENGEMBANGAN KUBE DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN KELOMPOK MISKIN: STUDI PADA KELOMPOK DOMBA KUNCARA TEGAL BALONG KIDUL SLEMAN YOGYAKARTA)
13230044_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PENGEMBANGAN KUBE DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN KELOMPOK MISKIN: STUDI PADA KELOMPOK DOMBA KUNCARA TEGAL BALONG KIDUL SLEMAN YOGYAKARTA)
13230044_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih tingginya angka kemiskinan di Indonesia yang disebabkan oleh ketidakmerataan pembangunan dalam bidang sosial, ekonomi maupun kesejahteraan. Pemerintah melalui Kementerian Sosial telah meluncurkan program Kelompok Usaha Bersama (KUBE) yang bertujuan untuk mengatasi permasalahan kemiskinan. Beberapa KUBE mengalami stagnan bahkan hanya tinggal nama namun ada KUBE yang bertahan lama salah satu KUBE yang bertahan adalah KUBE Domba Kuncara yang terletak di Dusun Tegal Balong Kidul Sleman Yogyakarta yang masih eksis hingga sekarang. Berdasarkan hal tersebut penulis bertujuan untuk mengetahui strategi dan dampak pengembangan KUBE Domba Kuncara sehingga masih hidup dan dapat meningkatan pendapatan kelompok miskin. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, penulis menggunakan metode deskriptif-kualitatif yaitu dengan menjelaskan hasil penelitian secara menyeluruh disertai dengan kalimat langsung dari informan. Metode pengumpulan data yang digunakan penulis yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik yang digunakan untuk menentukan informan menggunakan purposive dimana informan tersebut dipilih oleh penulis berdasarkan kriteria tertentu. Informan dalam penelitian ini berjumlah sepuluh informan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan, strategi yang digunakan oleh KUBE Domba Kuncara sehingga mampu bertahan hingga sekarang dilakukan dengan cara meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, peningkatan kemampuan permodalan melalui pengadaan simpan pinjam, menjalin kerjasama, melakukan pertemuan rutin, memberikan motivasi melalui sistem pembagian hasil, dan membuat pembukuan, sedangkan dampak adanya program KUBE ini dapat dilihat dari aspek ekonomi yang ditandai dengan adanya peningkatan modal kelompok, adanya peningkatan pendapatan anggota, adanya pengembangan usaha, sedangkan aspek sosial KUBE ditandai dengan meningkatnya sikap gotong royong, partisipasi dan tanggung jawab anggota tinggi, adanya sikap peduli pada anggota dan lingkungan, dan adanya pengguliran, dan berdirinya koperasi. Kegiatan-kegiatan ini lah yang masih dijalankan di KUBE Domba Kuncara, sehingga hal ini menjadikan KUBE Domba Kuncara menjadi KUBE Berprestasi tingkat nasional dan dikenal diberbagai daerah di Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Pajar Hatma Indra Jaya S. Sos., M. Si.
Uncontrolled Keywords: KUBE, Strategi Pengembangan, Dampak
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Pemberdayaan Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Aug 2017 07:03
Last Modified: 01 Aug 2017 07:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27153

Actions (login required)

View Item View Item