UPAYA GURU DALAM MEMBENTUK KECERDASANEMOSIONAL SISWA KELAS V MI AL HUDA YOGYAKARTA

Fadlun Haryadi, NIM. 10480025 (2017) UPAYA GURU DALAM MEMBENTUK KECERDASANEMOSIONAL SISWA KELAS V MI AL HUDA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU DALAM MEMBENTUK KECERDASANEMOSIONAL SISWA KELAS V MI AL HUDA YOGYAKARTA)
10480025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU DALAM MEMBENTUK KECERDASANEMOSIONAL SISWA KELAS V MI AL HUDA YOGYAKARTA)
10480025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kondisi kehidupan dewasa ini yang semakin kompleks menyebabkan pentingnya kecerdasan emosional untuk dipahami, dimiliki, dan diperhatikan proses pengembangannya agar dapat membantu seseorang dalam menjalani kehidupan ini. Untuk itu, hendaknya kecerdasan emosional menjadi perhatian khusus dalam dunia pendidikan. Madrasah sebagai sarana dan peran guru sebagai pendidik dirasa sangat penting untuk membina dan mengembangkan kecerdasan emosional anak. MI Al-Huda Yogyakarta sebagai lembaga pendidikan telah menyisipkan kecerdasan emosional dalam kegiatan pembelajarannya khususnya di kelas V. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui bagaimana kualitas kecerdasan emosional siswa kelas V MI Al-Huda Yogyakarta. (2) Mengetahui program pembelajaran yang ada di MI Al-Huda Yogyakarta serta mendiskripsikan upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan kecerdasan emosional pada siswa kelas V MI Al-Huda Yogyakarta. (3) Mengetahui kesulitan yang dialami guru dan bagaimana cara guru mengatasinya dalam mengasah kecerdasan emosional pada siswa kelas V MI Al-Huda Yogyakarta. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat untuk memperkaya wawasan mengenai kecerdasan emosional dan dapat dijadikan acuan bagi guru dalam meningkatkan kecerdasan emosional anak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar MI Al- Huda Yogyakarta. Proses pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan collecting data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan dua macam triangulasi, yaitu triangulasi metode dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perkembangan kecerdasan emosional siswa kelas V sudah cukup baik, yang terdiri dari 5 aspek yaitu: kesadaran diri, mengelola emosi, memotivasi diri, empati, dan keterampilan sosial. (2) upaya guru dalam membentuk kecerdasan emosional siswa yang terdiri dari 5 aspek (kesadaran diri, mengelola emosi, memotivasi diri, empati, dan keterampilan sosial) yaitu dengan membiasakan siswa untuk berperilaku dan berakhlak baik, membiasakan siswa saling tolong menolong dalam kebaikan, memberikan nasihat, memberikan reward, dan memberikan jam belajar tambahan gratis. (3) faktor pendukung yaitu fasilitas sekolah yang memadai, komunikasi yang baik, dan orang tua siswa. Faktor penghambat yaitu ketidakdisiplinan siswa, perilaku asosial, dan lingkungan belajar. Kata Kunci: kecerdasan emosional, peran guru, faktor pendukung dan penghambat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Istiningsih, M.Pd
Uncontrolled Keywords: kecerdasan emosional, peran guru, faktor pendukung dan penghambat
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Aug 2017 13:32
Last Modified: 01 Aug 2017 13:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27154

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum